Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengupas Dua Kawasan Hijau PIK 2, Ada di Tepi Danau dan Area Mangrove

Kompas.com - 09/07/2022, 17:38 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pantai Indah Kapuk 2 (PIK 2) bakal menghadirkan dua kawasan hijau, yakni Ecopark Taman Bhinneka dan Mangrove Boardwalk.

Dua kawasan itu merupakan bagian dari pembangunan berwawasan lingkungan melalui desain dan tata ruang lansekap, dengan mengoptimalkan fungsi ekologis dan juga mengupayakan efisiensi pemanfaatan sumber daya alamnya.

Ecopark Taman Bhinneka

Ecopark Taman Bhinneka PIK 2 seluas 54 hektar, dirancang sebagai kawasan multi religi dan multikultural di tepi danau seluas kurang lebih 23 hektar.

Perencanaan lansekap kawasan ini digarap DP Architects bekerja sama dengan Studio SIURA, arsitek lansekap yang juga bertanggung jawab atas desain Ecopark Tebet.

Baca juga: PIK 2 akan Punya Pusat Desain dan Furnitur Terbesar di Indonesia

Director of DP Architects Singapore Rida Sobana menyampaikan, konsep dasar dari Ecopark ini menggabungkan dua peran yaitu sustainability dan place making/public space.

Soal sustainability, fungsi dasarnya sebagai penyediaan ruang terbuka hijau yang asri dan menjadi paru-paru kota PIK 2.

Di sisi lain juga fungsi penampungan air hujan, pengendalian banjir, serta menjamin terciptanya ekosistem lingkungan yang sehat.

Sedangkan peran place making/public space, fungsinya adalah menciptakan ruang hijau yang aktif dan menjadi destinasi favorit komunitas dan warga di sekitar.

"Sehingga menjadi bagian yang integrated dari tata ruang kota di PIK 2," ujar Rida Sobana dalam rilis pers, Sabtu (09/07/2022).

Secara prinsip karena ukuran Ecopark sangat luas, maka dibagi atas tiga bagian, yakni barat, tengah, dan timur.

Barat bertemakan air, tengah yaitu taman, dan timur yakni alam. Sehingga pengunjung akan mendapatkan pengalaman yang berbeda dan unik di setiap zonanya.

Pada tepi danau di dalam Ecopark Taman Bhinneka ini direncanakan akan dibangun rumah-rumah ibadah dengan desain yang ikonik.

Salah satu rumah ibadahnya yaitu Masjid Agung PIK 2, menjadi pusat dari Halal District PIK 2 seluas 4,5 hektar.

Di kanan dan kiri masjid akan ada pusat kuliner dan wisata halal seperti Haji Lane di Singapura, serta pasar tradisional yang dikelola secara modern layaknya Geylang Serai Singapura.

Selain masjid, juga direncanakan untuk dibangun gereja katolik, vihara dan temple.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com