Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/07/2022, 18:28 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Elle Decor

JAKARTA, KOMPAS.com - Anda mungkin masih terasa asing dengan istilah Credenza. Padahal, hampir semua rumah memiliki perabotan rumah tangga ini.

Sebetulnya, credenza merupakan furnitur setengah lemari atau berupa penyimpanan dan meja yang bentuknya sama seperti meja konsol dengan banyak fungsi.

Istilah credenza berasal dari bahasa Italia yang berarti kepercayaan atau keyakinan. Furnitur tersebut pertama kali digunakan untuk menyimpan makanan yang akan diuji racunnya oleh para pelayan sebelum disajikan kepada tuannya.

Dalam rentang abad ke-14 hingga ke-16, bangunan di Italia mengambil bentuk arsitektural dengan dekorasi kolom dan pilaster.

Seiring bergesernya waktu, credenza yang biasanya diletakkan di ruang makan dengan desain tanpa kaki (atau kaki yang sangat pendek), semakin lengkap dengan pintu geser.

Pintu ini berfungsi membuka ruang penyimpanan untuk peralatan makan dan kebutuhan rumah lainnya.

Baca juga: Utamakan Fungsi, 5 Furnitur Abadi Ini Bisa Jadi Pilihan Dekorasi

Credenza pun bisa ditempatkan di ruangan mana pun. Mulai dari ruang keluarga, ruang makan, kamar tidur, hingga kantor atau bisa digunakan sebagai penyekat atau pembatas antar ruangan.

Tak hanya itu, benda ini juga berfungsi dalam menghemat penyimpanan dan memberikan nilai estetika dari ruangan. Karena, bisa memilih desain sesuai dengan interior are atersebut.

Ini adalah solusi tempat penyimpanan bergaya dengan bentuk yang panjang dan rendah memberikan permukaan penyajian tambahan.

Selain di rumah, credenza juga sering ditemukan di kantor untuk menggantikan meja atau ruang kerja sebagai temoat penyimpanan tambahan.

Meja satu ini pun populer digunakan di Indonesia sebagai tempat penyimpanan televisi atau media elektronik lainnya.

Ukurannya yang rendah dapat membuat layar televisi akan sejajar dengan jarak pandang mata.

Pada bagian kabinet pun bisa di pergunakan untuk menyimpan berbagai perlengkapan lainnya misalnya majalah-majalah, CD, DVD, dan lain sebagainya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Elle Decor
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com