Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Utamakan Fungsi, 5 Furnitur Abadi Ini Bisa Jadi Pilihan Dekorasi

Kompas.com - 08/01/2022, 11:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Mengisi rumah dengan furnitur yang disukai adalah hal yang menyenangkan.

Dilansir dari Architectural Digest, Jumat (7/1/2022), menurut Principal Designer di Iram Sutan Design Studio Iram Sultan, rumah harus memiliki rasa sukacita, membuat penghuninya merasa nyaman dan gembira saat kembali ke rumah setelah seharian bekerja.

“Inilah yang perlu diingat pemilik rumah ketika mereka memilih furnitur, apakah itu nyaman? Apakah itu memenuhi kebutuhan mereka?,” jelas Sultan.

Baca juga: Dekorasi Berdasarkan Zodiak yang Ngetren pada Tahun Macan Air Ini

Terkait hal tersebut, muncul ide dekorasi rumah dengan menggunakan furnitur abadi yang lebih mengutamakan fungsi serta bisa menjadi investasi di masa depan.

Adapun 5 contoh furnitur abadi yang Kompas.com rangkum untuk Anda adalah sebagai berikut:

Sofa modular

Sofa modular adalah sofa yang dapat dipisah atau disambung lagi dengan sofa lain sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan selera.

Sultan kembali menjelaskan, sofa berlapis kain dengan garis-garis bersih yang tidak lekang oleh waktu karena mampu menopang semua jenis ruang tempat duduk.

Menjadi lebih berani dan berani juga menjadi lebih mudah dengan aksen pilihan Anda seperti meja samping atau pouf kecil, ”kata Sultan.

Meja makan multifungsi

Ketika sedang memilih ukuran meja makan, yang perlu dipikirkan juga adalah berapa banyak orang yang biasanya ada di meja makan atau setidaknya hitung jumlah anggota keluarga.

Memilih meja makan yang dapat diperbesar atau diperkecil sesuai dengan kebutuhan adalah hal yang menarik.

“Kursi makan tidak harus mengikuti satu desain, tapi bisa campuran dari beberapa gaya dan jok. Cobalah dan hindari membeli kombinasi atau set yang sudah jadi dan sebaliknya mulailah menjelajahi berbagai gaya dan bahan,” Sultan menambahkan.

Tempat tidur built in

Tempat tidur adalah perabotan terpenting di rumah yang bisa digunakan dalam jangka waktu sangat lama.

Dalam hal ini, tempat tidur built in di mana pemasangannya diapit oleh dua tembok atau lemari, bisa menawarkan ruang ekstra untuk penyimpanan.

Sedangkan jika pemilik rumah sering berpindah-pindah, tempat tidur yang bisa dilipat atau dibongkar bisa lebih mempermudah mobilisasi.

Lemari barang pecah belah

Lemari ini bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang antik pemilik rumah sekaligus bisa menjadi tempat untuk memajangnya.

Perabotan ini juga sangat fleksibel jika dipindahkan ke kamar tidur sebagai tempat penyimpanan pakaian, seprai atau aksesoris.

Lampu

Lampu yang diletakkan di berbagai sudut rumah mampu membantu dalam menambahkan karakter pada rumah.

Pencahayaan yang diberikan oleh lampu bisa sekaligus menjadi fitur dekorasi dan membantu menerangi sudut atau ruang penting.

“Lampu dengan sheer atau macramé bisa menjadi tambahan yang bagus untuk rumah,” jelas Director MuseLAB Huzefa Rangwala.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com