Kompas.com - 02/07/2022, 05:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendati pandemi Covid-19 membawa dampak dan tantangan berat bagi sektor properti, namun PT Metropolitan Land Tbk atau Metland mampu mencatat kinerja positif sepanjang tahun 2021.

Untuk tahun buku 2021, Perseroan berhasil mencetak laba Rp 372 miliar. Angka ini melonjak 36,62 persen dari tahun sebelumnya sebesar Rp 272 miliar.

Direktur Keuangan dan Sekretaris Perusahaan Metland Olivia Surodjo menuturkan, capaian tahun 2021 lebih baik dibandingkan 2020.

"Perseroan mampu membukukan peningkatan laba walaupun pandemi masih merupakan salah satu tantangan yang harus dilalui," ujar Olivia saat konferensi pers usai RUPST di Bekasi, Jumat (1/7/2022).

Baca juga: Sambut Perpanjangan Diskon PPN, Metland Gelar Pameran Properti

Dari total perolehan laba bersih tersebut, 17,5 persen atau Rp 65,07 miliar dibagikan kepada pemegang saham.

Perseroan juga memutuskan, laba yang akan dialokasikan sebagai cadangan sebesar Rp 2 miliar. Sedangkan sisanya dibukukan sebagai laba ditahan untuk menambah modal kerja.

Selain membukukan laba, Perseroan juga berhasil mencatat pertumbuhan aset sebesar 8,04 persen menjadi Rp 6,4 triliun dan peningkatan ekuitas 8,08 persen menjadi Rp 4,4 triliun.

Total nilai pendapatan Perseroan juga tumbuh positif yaitu sebesar Rp 1,19 triliun, meningkat 7,99 persen dari tahun sebelumnya Rp 1,11 triliun.

Peningkatan tersebut disumbang oleh penjualan tanah dan bangunan kepada konsumen, dengan porsi terbesar dari Metland Menteng dan Wisteria, Metland Cyber City, dan Metland Cibitung.

Semua proyek memberikan kontribusi dengan komposisi 73 persen dari penjualan residensial dan properti strata title, 18 persen dari pendapatan sewa pusat perbelanjaan, 6 persen dari pengoperasian hotel, dan 3 persen dari pengoperasian pusat rekreasi, perkantoran, dan lain-lain.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.