Jembatan Baru Sembayat di Gresik Ditutup Mulai Jumat, Ada Perbaikan

Kompas.com - 01/07/2022, 06:00 WIB

GRESIK, KOMPAS.com - Jembatan Sembayat Baru yang menjadi salah satu penghubung di Jalur Daendles, yang berada di Kecamatan Manyar, Gresik, Jawa Timur, ditutup mulai Jumat (1/7/2022).

Penutupan tersebut berkaitan dengan agenda perbaikan pada oprit jembatan, atau segmen jalan yang menjadi penghubung antara jembatan dengan jalan raya.

Secara geometri, oprit harus memberikan keamanan dan juga kenyamanan bagi pengguna jalan yang akan berpindah dari trase jalan raya menuju jembatan.

Baca juga: Biang Kemacetan, Jalan Raya Manyar di Gresik Bakal Dilebarkan Tahun Ini

"Mulai Jumat ditutup, ada perbaikan pada oprit Jembatan Sembayat yang baru, karena opritnya itu turun sekitar 12 hingga 15 sentimeter," ujar Sentot Wijayanto, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) VIII Jawa Timur-Bali saat dikonfirmasi, Kamis (30/6/2022).

Sentot menjelaskan, perbaikan oprit jembatan yang bakal dilakukan, direncanakan berlangsung selama empat bulan.

Sebab pada oprit jembatan yang turun tersebut, lebih dulu bakal dilakukan penggantian dengan mortar busa, sebelum kemudian ditutup lagi dengan aspal.

"Untuk lama pengerjaan itu nanti sekitar empat bulan, namun bisa dipercepat. Total (panjang) oprit yang dikerjakan di kanan-kiri jembatan (sebelum dan sesudah jembatan) itu 364 meter," ucap Sentot.

Selama pengerjaan oprit Jembatan Sembayat baru, arus lalu lintas bakal dialihkan pada Jembatan Sembayat yang lama.

Nantinya, Jembatan Sembayat lama yang semula hanya diperuntukkan untuk arus kendaraan dari arah barat menuju timur, bakal digunakan untuk dua jalur.

"Arus lalu lintas bakal dipindahkan ke jembatan lama yang rangka baja itu, dibuat contraflow (dua jalur). Tapi untuk truk sama trailer, disarankan lewat jalan lain. Kami sudah koordinasi dengan Dinas Perhubungan dan pihak kepolisian terkait itu," kata Sentot.

Lebih lanjut Sentot menjelaskan, untuk anggaran perbaikan oprit Jembatan Sembayat yang baru tersebut sebesar Rp 5,482 miliar.

Pekerjaan diagendakan hingga 17 November 2022.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.