Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jembatan Baru Sembayat di Gresik Ditutup Mulai Jumat, Ada Perbaikan

Penutupan tersebut berkaitan dengan agenda perbaikan pada oprit jembatan, atau segmen jalan yang menjadi penghubung antara jembatan dengan jalan raya.

Secara geometri, oprit harus memberikan keamanan dan juga kenyamanan bagi pengguna jalan yang akan berpindah dari trase jalan raya menuju jembatan.

"Mulai Jumat ditutup, ada perbaikan pada oprit Jembatan Sembayat yang baru, karena opritnya itu turun sekitar 12 hingga 15 sentimeter," ujar Sentot Wijayanto, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) VIII Jawa Timur-Bali saat dikonfirmasi, Kamis (30/6/2022).

Sentot menjelaskan, perbaikan oprit jembatan yang bakal dilakukan, direncanakan berlangsung selama empat bulan.

Sebab pada oprit jembatan yang turun tersebut, lebih dulu bakal dilakukan penggantian dengan mortar busa, sebelum kemudian ditutup lagi dengan aspal.

"Untuk lama pengerjaan itu nanti sekitar empat bulan, namun bisa dipercepat. Total (panjang) oprit yang dikerjakan di kanan-kiri jembatan (sebelum dan sesudah jembatan) itu 364 meter," ucap Sentot.

Selama pengerjaan oprit Jembatan Sembayat baru, arus lalu lintas bakal dialihkan pada Jembatan Sembayat yang lama.

Nantinya, Jembatan Sembayat lama yang semula hanya diperuntukkan untuk arus kendaraan dari arah barat menuju timur, bakal digunakan untuk dua jalur.

"Arus lalu lintas bakal dipindahkan ke jembatan lama yang rangka baja itu, dibuat contraflow (dua jalur). Tapi untuk truk sama trailer, disarankan lewat jalan lain. Kami sudah koordinasi dengan Dinas Perhubungan dan pihak kepolisian terkait itu," kata Sentot.

Lebih lanjut Sentot menjelaskan, untuk anggaran perbaikan oprit Jembatan Sembayat yang baru tersebut sebesar Rp 5,482 miliar.

Pekerjaan diagendakan hingga 17 November 2022.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/07/01/060000721/jembatan-baru-sembayat-di-gresik-ditutup-mulai-jumat-ada-perbaikan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke