Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Desainer Wakili Indonesia dalam Kompetisi Internasional AYDA 2022

Kompas.com - 23/06/2022, 10:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua desainer Indonesia akan berkompetisi pada ajang internasional yang diselenggarakan oleh Nippon Paint, AYDA International Awards.

Angelica Ayu Laras Kinanti dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Daniel Jansen Harianto dari UNIKA Soegijapranata.

Sebelumnya, Angelica dan Daniel telah memenangkan Gold Winners AYDA Indonesia hingga bisa mewakili Indonesia dalan ajang internasional tersebut.

Dalam AYDA Internasional Awards, Angelica akan berkompetisi pada kategori Desain Interior dengan karya “Traditional Medicine Centre (RAMU)” dan Daniel untuk kategori Arsitektur yang membawa karya “Smoked County Relish”.

CEO Decorative Paints Nippon Paint Indonesia Jon Tan menuturkan, paradigma desain telah bergeser dari sekedar ruangan menjadi perencanaan solusi untuk berbagai latar belakang masyarakat.

Saat ini, kreasi desainer harus berjalan seiring dengan kebutuhan masyarakat untuk memastikan perkembangan kota lebih kohesif dan berkelanjutan.

Baca juga: Nippon Boyong Dua Mahasiswa ke Asia Young Designer Awards Summit 2022

“Saya yakin, Daniel dan Kinanti mampu menjadi representatif desainer muda di Indonesia yang turut mempelopori perubahan dalam industri desain untuk menghasilkan kreasi inovatif dan memberikan manfaat bagi komunitas dan lingkungan kita," kata Jon dalam rilis, Rabu (22/6/2022).

Berada di bawah inisiatif program CSR #ColouringLives Nippon Paint, AYDA Awards 2021/2022 mengangkat tema "Forward: Amplifying Empathy through Design”.

Jon menuturkan, Nippon Paint mengajak para desainer muda menciptakan solusi desain untuk kebutuhan penghuni serta menjaga keseimbangan alam.

AYDA Awards 2021/2022 melibatkan peserta di beberapa lokasi geografis seperti Bangladesh, China, Hong Kong, India, Indonesia, Iran, Jepang, Malaysia, Pakistan, Filipina, Singapura, Sri Lanka, Taiwan, Thailand, Turki dan Vietnam.

Gold Winners (Pemenang Nasional) dari setiap negara nantinya akan bertanding kembali memperebutkan gelar AYDA Of The Year yang akan diumumkan pada 7 Juli 2022 dalam acara penghargaan eksklusif di Penang, Malaysia.

Adapun pada AYDA Awards 2021/2022 ini menerima 6.184 karya dan memberikan penghargaan kepada 27 Gold Winners dari berbagai negara partisipan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com