46 Hektar Lahan Mangrove Akan Direlokasi Demi Tol Tanggul Laut Semarang-Demak

Kompas.com - 18/06/2022, 14:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Seluas 46 hektar lahan mangrove akan direlokasi untuk proyek Tol Tanggul Laut Semarang-Demak (TTLSD).

Adapun seluruh lahan mangrove tersebut tersebar di tiga lokasi yang berada di sekitar pembangunan infrastruktur tersebut.

Hal ini menyusul informasi yang disampaikan oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretaris Daerah (Setda) Jawa Tengah (Jateng) Peni Rahayu dalam Webinar Series 2: Konektivitas dan Peran Infrastruktur dalam Mendorong Pemulihan Ekonomi, Rabu (15/6/2022).

Kendati demikian, pemerintah berupaya meminimalkan dampak negatif terhadap lingkungan dari pembangunan TTLSD.

Untuk itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng guna menyiapkan program relokasi lahan mangrove di area tersebut.

Baca juga: Proyek Tol Tanggul Laut Semarang-Demak Dianggap Memperparah Penurunan Muka Tanah Pantura Jateng

Upaya pelesatarian kawasan mangrove ini bertujuan untuk mempertahankan fungsi hutan sebagai habitat flora dan fauna di pesisir Pantai Utara (Pantura) Jawa, serta melindungi daerah garis pantai, termasuk mengurangi risiko abrasi.

Sementara itu, proyek TTLSD ini juga menghadapi tantangan tanah musnah.

Berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 52 Tahun 2022, tanah musnah adalah tanah yang sudah berubah dari bentuk asalnya karena peristiwa alam sehingga tidak dapat difungsikan, digunakan, dan dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

"Tol Tanggul Laut yang terintegrasi tanggul laut Tol Semarang-Demak juga sudah berproses, hanya sedikit permasalahan terkait dengan tanah musnah," ungkap Peni.

Peni mengatakan, pihaknya sempat membicarakan bagaimana penetapan terkait tanah musnah di TTLSD.

Baca juga: Beroperasi Oktober 2022, Tol Semarang-Demak Terintegrasi Tanggul Laut

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.