Kompas.com - 16/06/2022, 10:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan menertibkan gubuk liar di sepanjang jalur rel kereta api Jakarta-Bekasi.

“Ini masih dalam tahap pembicaraan, kita masih mencari solusi yang tepat untuk masyarakat, untuk Pemerintah Kota (Pemkot) dan juga untuk PT KAI sendiri,” kata Sekretaris Korporasi PT KAI Asdo Artriviyanto, Rabu (15/6/2022).

Jelas Asdo, KAI tengah melakukan komunikasi dengan Pemkot Bekasi dan wilayah-wilayah terkait karena kewenangan penertiban gubuk liar tersebut ada di Pemerintah Daerah.

Adapun penertiban gubuk liar ini akan membantu tiap wilayah untuk melakukan penataan kota yang lebih baik.

Oleh karena itu, Asdo mengatakan pihaknya tidak dapat bekerja sendirian. Dibutuhkan kolaborasi antar wilayah demi kelancaran proses penertiban gubuk liar.

Baca juga: Masalah Besar Stasiun Manggarai, Pelayanan Konsumen yang Tidak Memadai

“Selalu berkomunikasi dengan kewilayahan, itu pasti mendukung program dari Walikota juga untuk menata kota," tambah Asdo.

Sebagai contoh adalah di kawasan Stasiun Manggarai yang tengah dibangun untuk menjadi stasiun sentral.

Akademisi Prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata dan Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan MTI Pusat Djoko Setijowarno mengatakan, untuk menjadi stasiun besar paling tidak Stasiun Manggarai harus memiliki lahan parkir seluas Stasiun Gambir.

Sayangnya, masih banyak lahan di sekitar Stasiun Manggarai yang dipakai warga untuk membangun permukiman.

Jika melihat data dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) tahun 2019, batas aset seusai sertifikasi Hak Pakai Nomor 46 Tahun 1983 kurang lebih seluas 30,7 hektar, termasuk di dalamnya 1.158 rumah.

Baca juga: Resmi, Transjakarta Akan Bangun Koridor Baru di 4 Stasiun KRL

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.