Kompas.com - 16/06/2022, 06:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) akan bangun koridor baru di empat stasiun yang melayani KRL Commuter Line.

Hal ini menyusul penandatanganan nota kesepahaman (MoU) oleh Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Didiek Hartantyo dan Direktur Utama PT Transjakarta M Yana Aditya pada Rabu (15/06/2022).

Kerja sama antara dua perusahaan transportasi umum tersebut bertujuan untuk mendukung integrasi antarmoda.

Adapun integrasi antarmoda yang telah berjalan saat ini meliputi integrasi layanan yang ada di Stasiun Tebet, Stasiun Manggarai, Stasiun Tanah Abang, dan Stasiun Pasar Senen.

Selain itu, kerja sama tersebut juga diharapkan bisa mendorong lebih banyak masyarakat yang menggunakan transportasi umum.

Baca juga: Rute Bus Wisata Transjakarta, Melayani Warga Tiap Akhir Pekan dan Libur Nasional

Dirut Transjakarta mengatakan, kedua belah pihak tengah menjajaki kemungkinan adanya pengembangan usaha transportasi terpadu serta kawasan Transit Oriented Development (TOD).

"Tiga hal yang menjadi fokus MoU ini akan ditindaklanjuti dengan melakukan kajian bersama untuk mendapatkan langkah detail yang bisa dioperasionalkan," kata Yana, dikutip dari laman resmi KAI.

Ke depannya diharapkan lebih banyak layanan yang bisa terintegrasi. Sehingga memudahkan pelanggan yang ingin berpindah antarmoda dengan mudah, aman, dan nyaman.

Sementara itu, Dirut KAI mengatakan bahwa untuk membangun ekosistem transportasi terbaik di Indonesia, KAI harus melakukan kolaborasi. Salah satunya dengan Transjakarta.

"Kalau bisa kita integrasikan layanan KAI dan Transjakarta ini, maka akan memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk bertransportasi," ujarnya.

Baca juga: Mulai Kamis Besok, Stasiun Matraman Diuji Coba Operasional

Harapannya, langkah ini dapat mengurangi kemacetan hingga polusi lewat penerapan environmental, social, and governance (ESG).

"Untuk menuju net zero emisson tahun 2060," pungkas Didiek.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.