Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Renovasi Masjid Istiqlal Mampu Pangkas 476 Ton Karbon Dioksida

Kompas.com - 13/05/2022, 12:41 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.COM - Keputusan pemerintah untuk merenovasi Masjid Istiqlal, Jakarta ternyata memberikan dampak positif terhadap lingkungan.

Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Diana Kusumastuti mengatakan selepas renovasi, bangunan Masjid Istiqlal yang baru dapat memangkas 476,22 ton karbon dioksida per tahun.

“Setelah renovasi, bangunan baru ini dapat menghemat 476,22 ton karbon dioksida per tahun,” ujar Diana dalam Konfrensi Nasional Green Economy Indonesia Summit 2022: The Future Economy of Indonesia, Rabu (11/5/2022) di Jakarta.

Baca juga: Istiqlal Jadi Masjid Ramah Lingkungan Pertama di Dunia Bersertifikat EDGE

Selain itu, renovasi tersebut juga membuat bangunan Masjid Istiqlal dapat mencapai efisiensi energi sebesar 23 persen, efisiensi air sebesar 36 persen dan juga pengurangan jumlah emboidied enery pada material sebesar 81 persen.

Setelah renovasi, masjid terbesar di Asia Tenggara itu juga berhasil mendapatkan penghargaan Excellence in Design for Greater Efficiencies (EDGE) dari International Finance Corporation ada awal April 2022.

“Masjid Istiqlal telah mendapatkan sertifikat EDGE dari International Finance Corporation. Istimewanya, Istiqlal merupakan masjid pertama di dunia yang mendapatkan sertifikasi tersebut,” tambahnya.

Diana berharap implentasi bangunan hijau seperti yang diterpakan di Masjid Istiqlal juga bisa dilakukan di seluruh masjid serta bangunan publik lainnya di Indonesia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan renovasi Masjid Istiqlal di Jakarta, Kamis (7/1/2021).

Pekerjaan renovasi tersebut dilakukan Kementerian PUPR sebagai tindak lanjut instruksi Jokowi usai menerima kunjungan Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi ke Masjid Istiqlal pada tanggal 30 Mei 2018.

Adapun pekerjaan renovasi Masjid Istiqlal mencakup penataan kawasan, pekerjaan struktur, pekerjaan arsitektur, mechanical electrical plumbing (MEP), pekerjaan interior dan signage.

Baca juga: Friedrich Silaban, Anak Kesayangan Bung Karno Perancang Masjid Istiqlal

Renovasi dikerjakan bersama-sama oleh Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI), Green Building Council (GBC) Indonesia, dan Kementerian PUPR.

Peremajaan yang dilakukan pada beberapa bagian gedung masjid dibuat ramah lingkungan yang bisa meningkatkan efisiensi air dan penggunaan energi dari bangunan.

Renovasi Masjid Istilal secara signifikan mengurangi jejak karbon dengan penggunaan atap dan dinding luar hemat energi, penerangan dan ruang internal dan eksternal, smart energi meter, dan panel surya yang mencakup lebih dari 13 persen konsumsi listrik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com