Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmikan Renovasi Masjid Istiqlal, Jokowi: Pertama Kali Sejak 42 Tahun

Kompas.com - 07/01/2021, 19:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan rampungnya renovasi Masjid Istiqlal di Jakarta, Kamis (7/1/2021).

"Maka dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, saya resmikan renovasi Masjid Istiqlal hari ini," tegas Jokowi.

Peresmian rampungnya renovasi Masjid Istiqlal ini ditandai dengan pemukulan bedug dan penandatanganan prasasti oleh Jokowi.

Dalam meresmikan rampungnya renovasi Masjid Istiqlal, Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Baca juga: Konstruksi Terowongan Katedral-Istiqlal Dikerjakan Tahun Ini

Dihadiri pula oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, serta Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar.

Jokowi mengatakan, renovasi Masjid Istiqlal merupakan pertama kali dilakukan sejak dibangun 42 tahun lalu.

Renovasi ini menelan biaya sebesar Rp 511 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Tampilan Masjid Istiqlal saat ini telah berubah total dengan penataan ulang lanskap menjadi indah dan semakin tertata rapi, lantai lebih berkilau, pencahayaan lebih modern, serta sungai yang membelah Masjid Istiqlal jauh lebih bersih," tutur Jokowi.

Pekerjaan renovasi tersebut dilakukan Kementerian PUPR sebagai tindak lanjut instruksi Jokowi usai menerima kunjungan Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi ke Masjid Istiqlal pada tanggal 30 Mei 2018.

Baca juga: Selesai Direnovasi, Masjid Istiqlal Bisa Digunakan Shalat Idul Adha

Masjid Istiqlal menempati area seluas 91.629 meter persegi (tidak termasuk area sungai) dengan luas bangunan 80.948 meter persegi. Masjid ini dapat menampung 200.000 orang.

Adapun pekerjaan renovasi Masjid Istiqlal mencakup penataan kawasan, pekerjaan struktur, pekerjaan arsitektur, mechanical electrical plumbing (MEP), pekerjaan interior dan signage.

Pada penataan kawasan meliputi pengembalian Axis Monas dan perapihan zona kawasan, perbaikan gerbang, penambahan plaza-plaza sebagai ruang publik, perbaikan riverfront sepanjang sungai, penambahan gedung parkir lapis 2, perbaikan kantin, dan penambahan area PKL.

Kemudian, ruang parkir dialihfungsikan sebagai taman hijau dan area publik. Bahkan, di sisi sungai disediakan amphiteater untuk berbagai kegiatan pendukung.

Lalu, pekerjaan arsitektur mencakup fasad, lantai, dinding, kusen, jendela, pintu, ruang wudhu, toilet dan kamar mandi.

Sedangkan pekerjaan MEP meliputi perbaikan sistem MEP keseluruhan bangunan, instalasi solar panel pada atap selasar, dan perbaikan tata pencahayaan interior dan eksterior dan pekerjaan signage meliputi pergantian signage gerbang, ruang luar dan interior.

Sementara untuk pekerjaan interior renovasi Masjid Istiqlal berupa ruang salat utama, area VIP, serta perkantoran pengurus masjid.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com