Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

H+4 Lebaran, Daop 1 Jakarta Terima Kedatangan 39.300 Penumpang

Kompas.com - 06/05/2022, 18:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 1 Jakarta menerima sebanyak 39.300 kedatangan penumpang pada Jumat (6/5/2022).

Sementara itu, sejak Rabu (4/5/2022) sampai dengan hari ini, tercatat sebanyak 111.700 penumpang tiba di Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Jatinegara, Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Bekasi dan Stasiun Cikampek.

Adapun berdasarkan data kedatangan pada masa Angkutan Lebaran pada H-10 Lebaran hingga H+10 Lebaran atau 22 April-13 Mei 2022, volume penumpang datang mengalami kenaikan tertinggi mulai hari Kamis kemarin.

Kendati demikian, kedatangan penumpang masih akan mengalami peningkatan hingga Selasa (10/5/2022).

Dalam periode tersebut, area Daop 1 Jakarta memberangkatkan sekitar 64 perjalanan KA jarak jauh setiap hari dengan kapasitas tempat duduk yang disediakan 37.400 per hari.

Baca juga: KAI Commuter Operasikan 30 Perjalanan Yogyakarta-Solo Per Hari, Cek Jadwalnya

Sesuai dengan aturan pemerintah, kapasitas hunian yang ditetapkan untuk KA jarak jauh adalah 100 persen.

Sedangkan dalam kurun waktu dari 22 April 2022 sampai dengan hari ini, sebanyak 485.200 tiket KA jarak jauh yang telah terjual.

Relasi yang paling banyak dipilih oleh pengguna jasa adalah Yogyakarta, Solo, Kutoarjo, Purwokerto, Kebumen, Tegal, Semarang, Surabaya, Malang, Cirebon dan Bandung.

Terkait hal ini, Daop 1 Jakarta memastikan seluruh penumpang yang tiba di stasiun telah memenuhi persyaratan untuk perjalanan dengan melakukan pemeriksaan di awal keberangkatan.

Langkah ini diambil dengan tujuan agar penumpang tidak lagi melalui proses pemeriksaan berkasi kembali saat tiba di stasiun tujuan.

Baca juga: Begini Proses Perawatan Ratusan Unit Kereta Api Jelang Mudik 2022

Untuk memperlancar melonjaknya penumpang di masa Angkutan Mudik ini, Daop 1 Jakarta juga telah menempatkan sejumlah petugas di hall dan area peron untuk mengarahkan penumpang yang tiba serta agar tidak berkerumun.

Petugas turut memastikan ulang agar tidak ada barang penumpang yang tertinggal dan mengimbau seluruh pengguna jasa untuk memeriksa kembali seluruh bawa bawaannya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com