Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laptop hingga Perhiasan, 35 Barang Penumpang KA Tertinggal di Daop 1 Jakarta

Kompas.com - 29/04/2022, 12:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Total ditemukan 35 barang penumpang kereta api (KA) yang tertinggal di Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta selama periode angkutan mudik.

Berdasarkan laporan yang diterima Kompas.com, 16 barang di antaranya sudah dikembalikan kepada pemilik melalui optimalisasi fungsi layanan Lost and Found oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Barang tertinggal yang ditemukan tak jarang merupakan barang berharga, seperti halnya laptop, HP, perhiasan, koper atau tas, jam tangan hingga dompet.

Oleh karena itu, Daop 1 Jakarta mengimbau kepada para pengguna jasa untuk selalu memperhatikan barang bawaan pribadi ketika melakukan perjalanan, baik di lingkungan stasiun maupun selama perjalanan menggunakan KA.

Terlebih bagi penumpang KA jarak jauh, diimbau pula untuk tidak membawa barang bawaan berlebih untuk mengantisipasi kehilangan.

Baca juga: Masa Angkutan Lebaran 2022, Tarif Kereta Api Masih Tetap Normal

Kembali membahas mengenai layanan Lost and Found, bagi pemudik yang merasa kehilangan barang bisa melapor kepada kondektur yang berdinas di dalam KA atau petugas pengamanan Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska) yang berada di stasiun.

Adapun petugas selalu melakukan pengecekan sekala berkala, baik di lingkungan stasiun maupun di dalam rangkaian kereta sebagai bentuk layanan Lost and Found yang diberikan.

Terlebih ketika sudah mendapatkan laporan kehilangan, petugas akan berkoordinasi untuk melakukan pencarian.

Barang hilang yang telah ditemukan nantinya akan langsung diumumkan melalui pengeras suara atau disimpan di database Lost and Found yang dimiliki oleh KAI untuk mempermudah pelacakan barang hilang.

Untuk diketahui, database tersebut dapat diakses di seluruh wilayah kerja KAI, sehingga pelapor yang merasa kehilangan barang dapat melaporkan barang tersebut di seluruh stasiun.

Baca juga: Agar Tak Rugi, Calon Pemudik Lewat Kereta Wajib Perhatikan Hal Ini

Sementara itu, dalam rentang waktu 22 April-1 Mei 2022, terdapat sekitar 320 ribu tiket yang sudah terjual. Dengan tanggal keberangkatan favorit 27-30 April dan 1 Mei 2022.

Relasi mayoritas tujuan pemudik, meliputi Yogyakarta, Solo Kutoarjo, Purwokerto, Kebumen, Semarang, Surabaya, Malang, Cirebon dan Bandung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com