Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Persiapan Polisi demi Antisipasi Macet di Tol Semarang-Batang

Kompas.com - 07/04/2022, 15:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Antara

JAKARTA, KOMPAS.com - Jajaran Kepolisian Resor Batang menyiapkan pengamanan di jalur alternatif dan jalur Tol Semarang-Batang untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik kendaraan yang melewati daerah itu pada saat menjelang Lebaran 2022.

Kepala Polres Batang AKBP Mochamad Irwan Susanto di Batang mengatakan hal ini dikutip dari Antara, Kamis (7/4/2022).

"Oleh karena itu, untuk mencegah lonjakan arus mudik dan kelancaran pemudik berkendaraan di jalan, kami siapkan petugas untuk melakukan pengamanan baik di jalur alternatif, tempat istirahat, dan Tol Batang-Semarang," ungkap Irwan.

Bukan tanpa alasan, lonjakan arus mudik Lebaran diprediksi terjadi karena pada tahun sebelumnya pemerintah tidak mengizinkan masyarakat melakukan kegiatan itu. 

Irwan yang didampingi Kepala Unit Keamanan, Keselamatan, dan Kelancaran Satlantas Polres Batang Ipda Danang Primayanto menegaskan akan menyiagakan sejumlah personel untuk berjaga dan membantu kelancaran arus lalu lintas (lalin) pemudik.

Baca juga: Jawa Tengah dan Jawa Timur, Tujuan Terbanyak Mudik Lebaran 2022

"Kami akan melakukan pengaturan lalin di titik-titik tertentu, yang dimungkinkan terjadi kepadatan arus pada saat Lebaran 2022," tambah dia.

Hal demikian juga akan menyiapkan pos pelayanan depan Alun-Alun Batang serta rest area jalur tol KM 360 dan KM 379.

Nantinya, kata dia, apabila terjadi kepadatan arus kendaraan di jalan tol maupun Pantura, para pengendara akan dialihkan ke jalur yang sudah disiapkan.

"Kami lakukan pengalihan arus lalin apabila terjadi kepadatan arus kendaraan," tambah Irwan.

Selain itu, Kepolisian Resor Batang juga akan bekerja sama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Batang untuk mempersiapkan pemasangan rambu-rambu lalin.

Danang mengatakan, pihaknya berencana menerapkan satu jalur di Tol Semarang-Batang untuk kendaraan dari arah Jakarta menuju Semarang.

Sedangkan, kendaraan dari arah Semarang menuju Jakarta akan dialihkan ke jalur Pantura.

"Demikian pula, sebaliknya pada saat arus balik Lebaran. Tentunya langkah tersebut dijalankan setelah mendapat petunjuk dari Korlantas Polri dan Polda Jawa Tengah," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com