Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Arus Mudik, Waskita Benahi Tiga Ruas Tol Trans-Jawa

Kompas.com - 07/04/2022, 06:00 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Toll Road (WTR) selaku anak perusahaan PT Waskita Karya (Persero) Tbk melakukan sejumlah persiapan antisipasi arus mudik di sejumlah ruas Tol Trans-Jawa yang dikelola.

Ruas tol ini meliputi Tol Kanci–Pejagan, Tol Pejagan–Pemalang, dan Tol Pemalang–Batang.

Direktur Utama Semesta Marga Raya (SMR), Pejagan Pemalang Toll Road (PPTR), dan Pemalang Batang Tol Road (PBTR) Supriyono mengatakan, ketiga ruas tol tersebut biasanya selalu padat setiap libur lebaran.

"Karena itu, dibutuhkan strategi untuk memastikan lalu lintas ketiga ruas tol tersebut tetap aman dan lancar sejak sebelum dan sesudah Hari Raya Idul Fitri," kata Supriyono dalam keterangannya, Rabu (06/04/2022). 

Baca juga: Ini 71 Rest Area di Tol Trans-Jawa yang Bisa Digunakan Saat Mudik

Supriyono menjelaskan upaya untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas dilakukan di gerbang dan jalur tol.

Selain itu, pemeliharaan pada badan jalan selama arus mudik dan balik Idul Fitri 2022 pun turut diperhatikan. 

“Kami telah meningkatkan kapasitas gerbang, juga menyediakan layanan isi ulang saldo dan menjual kartu elektronik pada gerbang tol, serta menambah jumlah petugas yang bersiaga," tutur Supriyono. 

Untuk memastikan kenyamanan pengguna jalan, kualitas pelayanan pada Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area juga akan ditingkatkan.

Hal ini dilakukan dengan menambah petugas kebersihan, pengetatan pemantauan 24 jam, penerapan protokol kesehatan, serta meningkatkan manajemen pengelolaan antrian dan buka tutup pada TIP.

Selain itu, telah disiapkan rencana pengoperasian TIP Fungsional KM 338 A pada ruas tol Pemalang–Batang.

Supriyono menambahkan, saat ini pemeliharaan jalan masih terus dilakukan pada ruas tol Kanci–Pejagan, Pejagan–Pemalang, dan Pemalang–Batang.

Di antaranya melakukan overlay pada badan jalan, perbaikan pada badan jalan yang mengalami kerusakan sebelum arus mudik dimulai, serta penyediaan tim piket patching aspal untuk menangani potensi kerusakan badan jalan selama arus mudik dan balik.

“Saat ini kami terus melakukan monitoring, pemeliharaan, dan perbaikan pada ketiga ruas tol tersebut, dan ditargetkan akan selesai 10 hari menjelang Idul Fitri," tuntas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com