Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

96 Rest Area di Pulau Jawa Siap Layani Kebutuhan Pemudik

Kompas.com - 06/04/2022, 16:45 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 96 rest area yang berada di Pulau Jawa siap melayani kebutuhan para pemudik jelang perayaan Idul Fitri 1433 H.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) tentang kesiapan infrastruktur dan transportasi mudik lebaran tahun 2022 bersama Komisi V DPR RI, di Senayan, Jakarta, Rabu (6/4/2022).

“Jalan tol di Pulau Jawa yang siap beroperasi di mudik nanti sepanjang 1.640 kilometer dan memiliki 96 rest area, yang terdiri dari 53 rest area tipe A, 35 rest area tipe B dan 8 rest area tipe C,” ujar Basuki.

Dari total 96 rest area ini, 79 di antaranya berlokasi di ruas Tol Trans-Jawa dan 17 lainnya berada di ruas Jalan Tol Non Trans-Jawa.

Baca juga: Hotel Pertama Rest Area Hadir di Tol Jakarta-Cikampek, Segini Tarifnya

Menurut Basuki kesiapan jalan tol ini sangat penting karena diprediksi sekitar 47 persen pemudik akan menggunakan angkutan darat.

“Diprediksi sekitar 40 persen pemudik dari Jakarta akan melakukan mudik ke arah Sumatera. Sedangkan 40 persen lainnya akan mudik ke arah selatan. Sisa 20 persen lainnya, akan melakukan mudik ke arah timur,” jelasnya.

Setelah Presiden Joko Widodo memperbolehkan mudik, Basuki mengaku langsung mengambil langkah antisipatif dengan mengumpulkan semua Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

Sebagai informasi, rest area tipe A memiliki fasilitas seperti toilet pria dan wanita, area parkir mobil dan truk, ATM, mushola, SPBU, warung/kios, restoran, bengkel, klinik dan taman.

Baca juga: Dukung Tilang Elektronik di Jalan Tol, Jasa Marga Siapkan 25 Speed Camera

Sementara rest area tipe B hanya memiliki fasilitas toilet pria dan wanita, area parkir mobil dan truk, ATM, mushola, SPBU, warung/kios, restoran, dan taman.

Tipe rest area C memiliki fasilitas yang lebih minim yakni toilet pria dan wanita, area parkir mobil dan truk, mushola serta warung/kios.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com