Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

96 Rest Area di Pulau Jawa Siap Layani Kebutuhan Pemudik

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) tentang kesiapan infrastruktur dan transportasi mudik lebaran tahun 2022 bersama Komisi V DPR RI, di Senayan, Jakarta, Rabu (6/4/2022).

“Jalan tol di Pulau Jawa yang siap beroperasi di mudik nanti sepanjang 1.640 kilometer dan memiliki 96 rest area, yang terdiri dari 53 rest area tipe A, 35 rest area tipe B dan 8 rest area tipe C,” ujar Basuki.

Dari total 96 rest area ini, 79 di antaranya berlokasi di ruas Tol Trans-Jawa dan 17 lainnya berada di ruas Jalan Tol Non Trans-Jawa.

Menurut Basuki kesiapan jalan tol ini sangat penting karena diprediksi sekitar 47 persen pemudik akan menggunakan angkutan darat.

“Diprediksi sekitar 40 persen pemudik dari Jakarta akan melakukan mudik ke arah Sumatera. Sedangkan 40 persen lainnya akan mudik ke arah selatan. Sisa 20 persen lainnya, akan melakukan mudik ke arah timur,” jelasnya.

Setelah Presiden Joko Widodo memperbolehkan mudik, Basuki mengaku langsung mengambil langkah antisipatif dengan mengumpulkan semua Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

Sebagai informasi, rest area tipe A memiliki fasilitas seperti toilet pria dan wanita, area parkir mobil dan truk, ATM, mushola, SPBU, warung/kios, restoran, bengkel, klinik dan taman.

Sementara rest area tipe B hanya memiliki fasilitas toilet pria dan wanita, area parkir mobil dan truk, ATM, mushola, SPBU, warung/kios, restoran, dan taman.

Tipe rest area C memiliki fasilitas yang lebih minim yakni toilet pria dan wanita, area parkir mobil dan truk, mushola serta warung/kios.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/04/06/164502221/96-rest-area-di-pulau-jawa-siap-layani-kebutuhan-pemudik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke