Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Potensi Bisnis di Rest Area Jalan Tol, Mulai dari Destination hingga Industrial Hub

Kompas.com - 08/12/2021, 20:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah tengah melakukan pengembangan Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area untuk menambah nilai pada ruas jalan tol.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit menyampaikan hal ini dalam webinar Indonesia’s Toll Road Infrastructure Competitiveness In Global Prespective, Rabu (8/12/2021).

Bahwa pihaknya sedang menciptakan nilai tambah pada koridor jalan tol yang ada. Untuk membuka peluang bertambahnya non core revenues bagi pengusaha jalan tol.

"Saya pikir kami juga belajar dari Jepang memiliki rest area dan memanfaatkan sekitarnya, dan kami membutuhkan itu untuk bisa meningkatkan nilai jalan," ujar Danang.

Rest Area di sepanjang jalan tol berpotensi untuk dioptimalkan melalui konsep pemisahan fungsi rest area dari service area.

Rest area hanya dapat diakses dari jalan tol dan standar dan kriteria ditetapkan dalam Permen PUPR Nomor 10 Tahun 2018.

Sementara, service area dapat diakses dari jalan non-tol dan Izinkan pergerakan pejalan kaki dari rest area ke service area.

Berikut empat pengembangan service area pada rest area:

1. Transportation Hub

Fungsi tambahan sebagai titik integrasi transportasi yang memungkinkan pergerakan manusia di luar area. Terletak di persimpangan transportasi multimoda yang sibuk.

2. Destination Hub

Fungsi tambahan sebagai tujuan rekreasi atau komersial yang memungkinkan pergerakan manusia masuk dan keluar area. Khususnya yang memiliki potensi pengembangan pariwisata atau komersial.

3. Logistics Hub

Fungsi tambahan sebagai titik bongkar muat kargo yang memungkinkan pergerakan barang masuk dan keluar daerah. Terletak di jalur lalu lintas tinggi distribusi kargo.

4. Industrial Hub

Tidak dikembangkan dalam TIP tetapi terintegrasi dengan jalan tol untuk saling menguntungkan semua pihak terkait. Terletak di dekat pelabuhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com