Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foto Arteria Dahlan dengan DPO Kasus Penguasaan Lahan dan Tambang Ilegal Beredar

Kompas.com - 06/04/2022, 17:00 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com - Foto Arteria Dahlan dengan Samsul Tarigan yang berstatus Daftar Pencarian Orang (DPO) Polda Sumut sejak 2019 beredar di media sosial.

Gambar tersebut memperlihatkan politikus PDI Perjuangan yang menjabat Wakil Ketua Komisi 3 DPR RI mengenakan kaos berkerah warna putih, di sampingnya seseorang mirip Samsul Tarigan mengenakan kaos hitam.

Keduanya seperti baru menyelesaikan makan malam. Tersenyum ketika dijepret kamera di sebuah saung dengan kolam lebar dan rumah mirip vila di kejauhan.

Baca juga: Jaksa Terima Berkas Perkara Tambang Ilegal di Madina

Foto tersebut mengindikasikan, lokasi pertemuan adalah kediaman Samsul di Sirkuit Sky Garden di Jalan Sungai Musi, Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat.

Beredar kabar, Arteria menemui Samsul usai Kunjungan Kerja Reses Masa Persidangan 3 Tahun Sidang 2021–2022 ke Kota Medan pada 7 Maret 2022.

Kunjungan ini membahas realisasi anggaran dari masing-masing lembaga peradilan serta
laporan pengawasan data perkara yang menonjol di lingkungan peradilan, permasalahan eksekusi yang kerap terjadi serta kendala dalam penyelengaraan sidang online.

Dari surat pemanggilan Ditreskrimsus Polda Sumut bertanggal 28 Januari 2021 diketahui, Samsul Tarigan (44) warga Jalan Gunung Jaya Wijaya Lingkungan X, Kelurahan Binjai Estate, Kecamatan Binjai Selatan, Kota Binjai, diminta datang pada 1 Februari 2021.

Dia diminta datang untuk memberikan keterangan terkait penguasaan lahan perkebunan milik PTPN 2 Kebun Sei Semayang di Kelurahan Tunggorono, Kecamatan Binjai Timur. Pemanggilan ini atas laporan Indra Gunawan Noer.

Sedangkan status buronan polisi berdasarkan surat Nomor: DPO /09/IX/2019/Ditreskrimsus pada 27 September 2019.

Isinya meminta Samsul ditangkap/diserahkan kepada Unit 4 Subdit IV Ditreskrimsus Polda Sumut sesuai Laporan Polisi Nomor: LP/881/VI/2019/SUMUT/SPKT "l" tanggal 26 Juni 2021. Samsul juga disebut sudah pernah tersangkut tindak pidana pertambangan tanpa izin yang ditangani Polres Binjai.

Kepala Bidang Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi ketika dikonfirmasi wartawan lewat pesan singkat pada Selasa (5/4/2022) menyatakan status Samsul Tarigan masih DPO.

"Ya, statusnya DPO," balasnya singkat.

Arteria Dahlan yang juga dikonfirmasi Kompas.com lewat pesan singkat pada Kamis (6/4/2022), sampai berita ini diturunkan belum membalas pesan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com