Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecelakaan Maut di Tol Ciawi-Sukabumi, Ini Penjelasan Pengelola

Kompas.com - 04/03/2022, 20:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada Jumat (4/3/2022) telah terjadi kecelakaan di ruas Tol Ciawi-Sukabumi tepatnya di KM 48+600 B (On Ramp IC Ciawi Selatan). 

Kecelakaan ini mengakibatkan dua orang harus kehilangan nyawa sementara satu orang lainnya mengalami luka berat. 

Dalam rilis yang diterima Kompas.com, Manager Operasi PT Trans Jabar Tol Said Sudiarto mengatakan kecelakaan tersebut merupakan kecelakaan tunggal dan terjadi pada pukul 07.55 WIB.

Kecelakaan terjadi pada Bus BA 7084 AU tanpa penumpang yang dikemudikan oleh pengemudi berinisial SD.

Baca juga: Tekan Angka Kecelakaan di Tol, Jasa Marga Pasang WIM dan Speed Camera

Bus ini masuk dari On Ramp Ciawi Selatan menuju GT Ciawi Selatan melaju di lajur 2 dengan kecepatan kurang lebih 70 KM/Jam.

Kemudian, sesampainya di TKP diduga pengemudi kurang antisipasi sehingga kendaraan menabrak guard rail

Usai kecelakaan, posisi akhir bus menghadap ke Utara dalam keadaan terbalik miring dengan roda depan dan belakang kanan menghadap ke atas di ROW.

“Saat ini kendaraan telah diamankan di Posko PJR Ruas Ciawi Sukabumi. Saat terjadi kecelakaan cuaca terlapor cerah dengan kondisi arus lalu lintas lancar,” ujar Said.

Said menuturkan, secara teknis, kondisi jalan baik dan tidak ada kerusakan dan kecelakaan murni human error karena kurang antisipasi mengendalikan laju kendaraan. Saat ini, korban luka dan meninggal sudah dievakuasi ke RSUD Ciawi.

“Kami mengimbau pengguna jalan agar lebih berhati-hati dalam berkendara, setiap pengendara wajib waspada dan selalu memperhatikan rambu-rambu lalu lintas,” papar Said.

Setiap pengendara wajib mematuhi peraturan karena ini tidak hanya demi keselamatan pribadi, melainkan juga demi keamanan dan kenyamanan bersama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com