Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelaran MotoGP 2022 Didukung Pasokan Listrik dari Genset Mobile

Kompas.com - 02/03/2022, 12:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Gelaran MotoGP 2022 akan didukung oleh pasokan listrik dari genset mobile atau genset bergerak asal Papua.

Kejuaran balap motor kelas utama tersebut rencananya akan dilaksanakan pada 18-20 Maret 2022 di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah NTB Sudjarwo menyebutkan, sebanyak 11 unit genset dengan kapasitas total 6,2 kilo Volt Ampere (kVA) akan dioperasikan.

Suplai utama MotoGP memiliki skema zero down time atau sistem berlapis. Adapun sumbernya berasal dari Sistem Kelistrikan Lombok dan Uninterruptible Power Supply (UPS) sebagai lapis kedua.

Sedangkan genset yang didatangkan dari Papua nantinya akan berfungsi sebagai suplai listrik lapis ketiga apabila terjadi gangguan pada suplai utama dan kedua.

Baca juga: Jelang MotoGP, Kenaikan Tarif Hotel Kawasan Mandalika Dibatasi

Secara teknis, kebutuhan listrik MotoGP telah terpenuhi dan telah disiapkan sejak pelaksanaan World Superbike (WSBK) pada November 2021 lalu.

“Secara keseluruhan, sistem yang digunakan untuk MotoGP masih sama dengan WSBK dan pramusim. Yang saat ini kami lengkapi adalah terkait dengan persyaratan administrasinya,” jelas Sudjarwo, dilansir dari Antara, Rabu (2/3/2022).

Sudjarwo mengatakan bahwa pelaksanaan pramusim MotoGP tanggal 11-13 Februari 2022 lalu adalah uji coba setelah WSBK yang juga telah sukses digelar.

Sebagai persiapan, PLN turut melakukan pengujian sertifikat laik operasi untuk genset mobile tersebut.

Diketahui bahwa genset yang digunakan pada MotoGP 2022 sama dengan genset yang dipakai untuk menyukseskan Pekan Olahraga Nasional 2021.

Baca juga: Dikejar Tenggat, Bisakah Pengaspalan Ulang Sirkuit Mandalika Rampung Sesuai Target?

“Kami terus mohon doa dan dukungan dari seluruh masyarakat NTB agar PLN dapat melistriki MotoGP dengan aman, sehingga perhelatan akbar tersebut dapat berjalan dengan lancar,” pungkas Sudjarwo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com