Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taman Kanak-kanak di China Ini Dirancang seperti Bunga Dandelion

Kompas.com - 01/03/2022, 12:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Designboom

JAKARTA, KOMPAS.com - Biasanya bangunan taman kanak-kanak (TK) memiliki bentuk yang sederhana. Namun hal tersebut tidak berlaku bagi TK Shengguo di China.

TK tersebut merupakan TK Swasta yang berlokasi di Guangzhou, Yushan, China. Rencananya TK ini akan dibangun di area seluas 7.300 meter persegi.

Dika Design merupakan firma arsitektur yang dipercaya untuk menangani proyek fantastis tersebut.

Mereka ingin mendirikan kompleks bangunan melingkar yang tampak terkikis pada titik-titik tertentu, sehingga terlihat seperti bunga dandelion yang kehilangan bijinya karena tiupan angin.

Baca juga: Bangunan Bersejarah Ukraina, Beragam Langgam dari Romawi hingga Postmodernisme

Seperti dikutip Design Boom, Dika Design mengambil pendekatan “solid versus void” (padat versus kosong) yang memungkinkan bangian luar dan dalam ruangan bisa berkembang.

Seperti yang terlihat di banyak proyek sebelumnya, Dika Design memang kerap mengubah paradigma desain taman kanak-kanak tradisional dengan menghilangkan bangunan berbentuk lurus dan menghadirkan bentuk yang lebih cair.

Tujuan desain ini untuk mendorong anak-anak untuk berpikir out of the box sehingga bisa memicu rasa ingin tahu dalam diri anak-anak.

Di TK Shengguo ini nantinya tak akan lagi dijumpai rancangan satu koridor, beberapa ruang kelas dan bentuk monoton yang kerap dijumpai pada sebagian besar sekolah.

Ruangan-ruangan akan dibuat menyebar, di mana kelas untuk belajar dan area rekreasi dibuat menjadi lebih dekat satu sama lain sehingga menawarkan pengalaman spasial yang lebih menyenangkan bagi anak-anak.

Secara struktural, dalam proyek ini Dika Design akan menggunakan beton bertulang untuk menopang struktur utama TK shengguo.

Rangka struktur akan dipasang untuk menciptakan bentuk kurva yang lebih fleksibel di seluruh bangunan. Sebagai hasilnya, akan ada koridor ganda dengan lingkaran dalam dan luar.

Untuk sentuhan akhir, fasad utama akan dibuat menonjol dengan dinding tirai kacanya dan memberikan banyak cahaya alami dan sinar matahari ke dalam ruang kelas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com