Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gratis, Naik Bus di Kota Ini Selama 2 Tahun

Kompas.com - 11/02/2022, 18:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Massachusetts Bay Transportation Authority (MBTA) atau Otoritas Transportasi Teluk Massachusetts membebaskan tarif bus rute 23, 28, dan 29 selama dua tahun yang mulai diberlakukan 1 Maret 2022 hingga 29 Februari 2024.

Informasi ini disampaikan oleh Wali Kota Boston Michelle Wu dalam akun Twitter resminya @MayorWu dikutip Kompas.com, Jumat (11/2/2022).

"Mulai 1 Maret 2022, 23, 28 & 29 bus @MBTA  akan mengatakan "Naik Gratis"— dan Anda dapat naik di semua pintu!," tulis Michelle.

Michelle menambahkan dalam cuitannya, sebelumnya bus rute 28 telah menjadi proyek percontohan untuk pembebasan tarif.

Dikutip dari laman Boston Government, ketiga rute bus ini melewati beberapa koridor stasiun dengan capaian penumpang tertinggi di Boston.

Misalnya, bus 23 yang melayani lebih dari 100.000 penumpang per bulan ini di dimulai dari rute Stasiun Ashmont di sepanjang Washington Street ke Warren Street, dan melaju ke Ruggles melalui Nubian Square.

Baca juga: Kini, Pesan Tiket Bus Damri Bisa Via KAI Acces, Cek Rutenya  

Untuk bus 28 ini dimulai dari Stasiun Mattapan Square di sepanjang Blue Hill Avenue dan kemudian ke Ruggles. Ini menjadi rute terpopuler dalam sistem bus MBTA.

Sementara rute bus 29 dioperasikan mulai dari Mattapan Square di sepanjang Blue Hill Avenue sebelum melintasi jalur bus pusat kota baru di sepanjang Columbus Avenue, atau dari Franklin Park ke Jackson Square.

Pembebasan tarif untuk ketiga rute bus tersebut dilakukan karena lebih dari setengah sopir diklasifikan sebagai masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dalam survei sistem terbaru MBTA.

Tarif gratis ini diharapkan dapat mengurangi beban keuangan para pengemudi pada saat terjadinya titik tertingginya kerentanan ekonomi.

"Kami ingin memungkinkan pengendara rute 23, 28, dan 29 untuk lebih mudah berpartisipasi dalam pembukaan kembali, pemulihan, dan pembaruan jangka panjang Boston," tulis laman tersebut.

Sebelumnya, Dewan Kota Boston telah menyetujui usulan Michelle agar menggunakan dana federal senilai Rp 8 juta dollar AS atau senilai Rp 114,7 miliar untuk menghilangkan tarif rute 23, 28, dan 29 selama dua tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com