Kompas.com - 27/01/2022, 14:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Suryacipta Swadaya (Suryacipta) selaku pengembang dan pengelola kawasan industri, mencatatkan peningatan transaksi di kawasan Suryacipta City of Industry, Karawang dan Subang Smartpolitan Jawa Barat.

Dalam rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (27/1/2022), VP Sales &Marketing Suryacipta Abednego Purnomo mengatakan peningkatan transaksi di dua kawasan industri tersebut karena telah adanya pemulihan ekonomi.

“Tahun 2021 sudah terindikasi adanya pemulihan ekonomi, Suryacipta mencatat peningkatan transaksi dan inquiry atas kawasan kami di Suryacipta City of Industry maupun Subang Smartpolitan,” jelasnya.

Baca juga: Sandang Status OVNI, Kawasan Industri Suryacipta Jadi Eco-Industrial Park

Menurutnya, geliat positif instansi juga dirasakan dengan banyaknya permintaan kunjungan dari calon investor ke Subang Smartpolitan.

“Berdasarkan aktivitas bisnis perusahaan 2021, data center menjadi industri yang menonjol, 75 persen tenant baru diisi oleh mereka. Kemudian diikuti oleh industri manufaktur lain yang berasal dari China serta Amerika,” ungkap Abednego.

Selama satu dekade terakhir data center menunjukkan pertumbuhan pesat di Indonesia. Ini merupakan dampak dari digitalisasi yang didorong oleh berbagai faktor seperti adaptasi penggunaan ponsel pintar, penetrasi internet, hingga dukungan dari pemerintah.

Seiring Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 5 Tahun 2021 yang mengklasifikasikan data center sebagai bagian dari sektor industri dan wajib berlokasi di kawasan industri, secara tidak langsung berdampak pada peningkatan permintaan di kawasan industri.

Apalagi tingginya harga jual maupun sewa di kota-kota besar seperti Jakarta juga turut berkontribusi terhadap tren ini.

Suryacipta telah mengakomodasi reaksi pasar data center dengan melakukan inovasi melalui pengembangan Fase 3 Suryacipta City of Industry yang ditujukan untuk industri data center.

Meskipun dalam kondisi pandemi, Suryacipta tetap melakukan pelayanan terbaik bagi tenant melalui pemeliharaan dan pengembangan rutin untuk memastikan pasokan listrik, air serta konektivitas internet yang lebih baik.

Pada 2021 Suryacipta juga mencatat penambahan tenant di gedung perkantoran serta area komersil yaitu restoran dan perbankan.

“Melalui kawasan kami di Karawang dan Subang, kami berharap dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia dengan menyediakan destinasi investasi yang mumpuni bagi para pelaku bisnis dan investor,” pungkas Abednego.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.