Berapa Hektar Lahan Pertanian yang Bisa Diairi Bendungan Jragung Semarang?

Kompas.com - 10/01/2022, 20:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membangun Bendungan Jragung di Kabupaten Jawa Tengah. 

Bendungan Jragung dibangun untuk memenuhi kebutuhan irigasi pertanian masyarakat sekaligus mendukung program kedaulatan pangan dan ketahanan air di Provinsi Jawa Tengah. 

Sebelumnya, terdapat sejumlah bendungan di Jawa Tengah yang telah selesai dan beroperasi yaitu Bendungan Logung di Kabupaten Kudus, Gondang di Karanganyar, Pidekso di Wonogiri, dan Randugunting di Kabupaten Blora. 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pembangunan bendungan bertujuan untuk peningkatan volume tampungan air sehingga suplai air irigasi ke lahan pertanian terus terjaga, penyediaan air baku dan pengendalian banjir.

Baca juga: Ini Sederet Manfaat Bendungan Sepaku Semoi, Reduksi Banjir 53 Persen

"Pembangunan bendungan akan diikuti dengan pembangunan jaringan irigasinya, sehingga dengan adanya suplai air yang kontinu dari bendungan, petani yang sebelumnya hanya satu kali tanam setahun, bisa bertambah menjadi 2-3 kali tanam," kata Basuki dalam keterangannya, Senin (10/01/2022). 

Bendungan Jragung dibangun Kementerian PUPR melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana, Ditjen Sumber Daya Air dengan kapasitas tampung 90 juta meter kubik dan luas genangan 503,1 hektar.

Bendungan ini akan menyuplai air bagi daerah irigasi seluas 4.528 hektar di Kabupaten Semarang.

Pembangunan fisiknya mulai dikerjakan pada akhir 2020 melalui tiga paket dan ditargetkan selesai akhir 2023.

Paket I dikerjakan PT Waskita Karya (Persero) Tbk dengan nilai kontrak Rp 806,3 miliar dengan progres fisik hingga 26 Desember 2021 mencapai 5,7 persen.

Lalu, Paket II PT Wijaya Karya (Persero) Tbk-PT BRP (KSO) senilai Rp 758 miliar dengan progres 6,7 persen.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.