Kompas.com - 03/01/2022, 11:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Per 31 Desember 2021, realisasi belanja infrastruktur Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencapai Rp 143,29 triliun.

Angka ini mencerminkan 94,21 persen dari total pagu anggaran Kementerian PUPR pada tahun 2021 yaitu sebesar Rp 152,09 triliun.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengingatkan agar terus meningkatkan kualitas belanja Anggaran Pendapatan dengan Belanja Negara (APBN) dengan memperhatikan tiga prinsip reformasi anggaran belanja.

Ketiga reformasi yang dimaksud Basuki yaitu spending less (ekonomis), spending well (tepat sasaran), dan spending wisely (efisien).

"Pada masa Pandemi Covid-19 ini, pertumbuhan ekonomi mengalami penurunan akibat dari turunnya investasi, demikian juga ekspor impor, sehingga untuk menunjang pertumbuhan ekonomi, Pemerintah mengandalkan belanja APBN untuk pembangunan infrastruktur," terang Basuki dikutip dari laman Kementerian PUPR, Senin (3/1/2022).

Total anggaran tahun 2021, termasuk dari program pembangunan infrastruktur dengan skema Padat Karya Tunai (PKT).

Baca juga: Hingga 24 Agustus, Belanja Infrastruktur Kementerian PUPR Terserap Rp 67,66 Triliun

Program tersebut di antaranya untuk pembangunan irigasi kecil, sanitasi, jalan produksi, dan rumah swadaya.

Khusus untuk program PKT, realisasi penyerapan anggarannya mencapai 89,59 persen atau senilai Rp 21,74 triliun.

Sementara tenaga kerja yang terserap sebanyak 1,52 juta tenaga kerja dari total anggaran PKT tahun 2021 senilai Rp 24,27 triliun atau melampaui target 1,23 juta orang.

Menurut Basuki, PKT Kementerian PUPR dilaksanakan melalui pembangunan infrastruktur yang melibatkan masyarakat atau warga setempat sebagai pelaku pembangunan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.