Kompas.com - 31/12/2021, 14:00 WIB
pelepasan secara simbolis ekspor tahap pertama sebanyak 262 gerbong barang jenis container flat top wagon ke Selandia Baru di kantor PT Industri Kereta Api (INKA) di Madiun, Jawa Timur, Jumat (31/12/2021). Kementerian Perhubungan pelepasan secara simbolis ekspor tahap pertama sebanyak 262 gerbong barang jenis container flat top wagon ke Selandia Baru di kantor PT Industri Kereta Api (INKA) di Madiun, Jawa Timur, Jumat (31/12/2021).

 JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyaksikan pelepasan secara simbolis ekspor tahap pertama sebanyak 262 gerbong barang jenis container flat top wagon ke Selandia Baru di kantor PT Industri Kereta Api (INKA) di Madiun, Jawa Timur, Jumat (31/12/2021).

Dia menyatakan kebanggaannya atas capaian INKA yang telah mampu menciptakan produk yang dapat bersaing di pasar Internasional.

“Kita harus bangga, anak bangsa mampu mengekspor produk yang memiliki nilai strategis dan ekonomi yang tinggi,” kata Budi dalam keterangannya, Jumat (31/12/2021).

Baca juga: Tiket Kereta Dibatalkan, Begini Mekanisme Pengembaliannya

INKA tidak hanya membuat gerbong kereta api, tetapi juga bus listrik yang akan disiapkan untuk perhelatan KTT G20 di Bali dan pembuatan kontainer untuk kapal tol laut di wilayah Indonesia Timur.

“Semua itu adalah barang produktif yang memberikan dukungan investasi, dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” jelasnya.

Dirut INKA Budi Noviantoro mengatakan, pemesan gerbong barang dari perusahaan Kiwi Rail, yang merupakan BUMN di Selandia Baru.

Perusahaan ini merupakan operator transportasi perkeretaapian dan juga sebagai operator ferry antar pulau terbesar di Selandia Baru.

“Masih ada beberapa paket kerja sama yang akan kita perjuangkan. Semoga PT INKA mendapatkan proyek selanjutnya,” ujar dia.

Ekspor ini diharapkan menjadi langkah besar Indonesia dalam hal ini khususnya INKA untuk kembali mengambil peran di pasar kereta api di wilayah Oseania.

Sebelumnya, INKA juga telah melakukan ekspor sebanyak 224 blizzard centre sills untuk BradkenRail, Australia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.