Jokowi Groundbreaking Kawasan Industri Hijau Kaltara, Disebut Terbesar di Dunia

Kompas.com - 21/12/2021, 18:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Jokowi meresmikan groundbreaking Kawasan Industri Hijau Indonesia (KIHI) di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara (Kaltara), Selasa (21/12/2021).

Kawasan industri hijau yang menggunakan sumber energi baru terbarukan (EBT) tersebut merupakan hasil kerja sama investasi antara Indonesia bersama China dan Uni Emirat Arab (UEA).

"Ini kita harapkan akan menjadi kawasan industri hijau terbesar di dunia, bukan Kalimantan Utara, bukan Indonesia, tapi dunia karena menyangkut lahan, sampai detik ini, (seluas) 16.400 hektar, dan targetnya adalah 30.000 hektar," ujar Jokowi.

Baca juga: Kawasan Industri Morosi Bakal Serap 60.000 Tenaga Kerja Lokal

Menurut dia, pengembangan kawasan ini merupakan upaya transformasi ekonomi Indonesia. Dari produsen bahan mentah menjadi penghasil barang setengah jadi dan barang jadi.

"Dari yang kita sudah bertahun-tahun bertumpu kepada sumber daya alam, ekspor raw material, ekspor bahan-bahan mentah, sekarang kita akan masuk kepada hilirisasi, kepada industrialisasi bahan-bahan mentah kita," jelasnya.

Namun, untuk di kawasan ini hampir semuanya akan menghasilkan barang jadi. Sehingga dapat memberikan nilai tambah yang besar bagi Indonesia.

"Dan ini akan kelihatan manfaatnya secara riil 5 sampai 10 tahun dari sekarang. Nanti kita lihat 5 sampai 10 tahun yang akan datang akan bermanfaat seperti apa, baru kelihatan," terang Presiden.

Kawasan industri ini akan menggunakan teknologi-teknologi mutakhir. Karena menghasilkan seperti sodium-ion, lithium-ion, semiconductor, hingga petrochemical.

Hasil tersebut nantinya akan melahirkan turunan yang bisa menjadi tekstil maupun produk-produk lainnya.

"Akan muncul dari sini green aluminium, solar panel, industrial silikon. Semuanya akan muncul dari Kalimantan Utara ini, dari kawasan ini," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.