Kompas.com - 07/12/2021, 05:00 WIB
Kunjungan kerja KPPIP ke Program Pembangunan Smelter PT VDNI  di Kawasan Industri di Morosi, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara. KPPIPKunjungan kerja KPPIP ke Program Pembangunan Smelter PT VDNI di Kawasan Industri di Morosi, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bila telah beroperasi penuh, Kawasan Industri Morosi, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, diharapkan bisa menyerap banyak tenaga kerja lokal.

Salah satu perusahaan yang terlibat adalah PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI). PT VDNI diketahui telah membangun smelter untuk pengolahan pemurnian komoditas nikel.

Pekerjaan smelter dan PLTU PT VDNI bahkan telah selesai pada Desember 2019 dan Desember 2020.

Fasilitas pengolahan dan pemurnian PT VDNI bersama dengan PT Obsidian Stainless Steel yang menghasilkan end product berupa Nickel Pig Iron (10%-12% Ni).

Baca juga: Sandang Status OVNI, Kawasan Industri Suryacipta Jadi Eco-Industrial Park

Koordinator PMO KPPIP Sektor Energi Yudi Adhi Purnama menjelaskan, pembangunan Kawasan Industri di Morosi bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui penciptaan lapangan kerja dan peningkatan sosial ekonomi.

Apabila telah beroperasi secara penuh, Kawasan Industri di Morosi bisa menyerap tenaga kerja sebesar 60.000 orang di Kabupaten Konawe.

“Penyerapan tenaga kerja tentu akan meningkatkan kegiatan ekonomi di daerah sekitarnya sehingga diharapkan dapat memicu pertumbuhan UMKM di wilayah tersebut,” kata Yudi usai kunjungan kerja ke Program Pembangunan Smelter PT VDNI di Kabupaten Konawe beberapa waktu lalu.

Hingga 1 November 2021, tercatat jumlah tenaga kerja PT VDNI mencapai 6.824 orang dengan proporsi 93 persen laki-laki dan 7 persen perempuan.

Penyerapan tenaga kerja PT VDNI menyumbang 11,37 persen dari target serapan tenaga kerja di Kawasan Industri Morosi.

Tenaga kerja yang bekerja di VDNI saat ini didominasi karyawan yang 42 persen dari Kabupaten Konawe, 16 perseb dari luar Kabupaten Konawe tetapi masih dari Sulawesi Utara, dan 41 persen dari luar Provinsi Sulawesi Utara.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.