Jembatan Kretek JJLS Jawa Bakal Dihiasi Ornamen Lokal, Seperti Apa?

Kompas.com - 13/12/2021, 21:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jembatan Kretek 2 di Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bakal semakin mempercantik jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) Jawa.

Sebab, desain jembatan yang membentang sepanjang 2,01 kilometer ini bakal dihiasi ornamen lokal khas DIY.

Apalagi, JJLS atau Jalur Pantai Selatan (Pansela) Jawa merupakan ruas nasional dengan pemandangan indah dan dekat kawasan wisata pantai.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 1.4 Provinsi DI Yogyakarta Julian Sitomorang mengatakan, jembatan ini nantinya akan dipercantik dengan hiasan ornamen khas DIY dan dilengkapi artlighting.

Ornamen khas DIY yang dimaksud antara lain, filosofi Laku Urip Kang Utama (LUKU) berbentuk seperti bajak, kemudian ornamen burung di railling, dan konsep padi di Penerangan Jalan Umum (PJU)-nya.

"Kami berkoordinasi dengan seniman di Jogja dan melakukan asistensi kepada Pemprov DIY," kata Julian dikutip dari laman Kementerian PUPR.

Selain ornamen, juga akan dipasang artlighting di sepanjang jembatan utama, sehingga permainan cahaya pada malam hari akan membuat jembatan ini akan terlihat lebih indah.

Menurut dia, saat ini progres konstruksi Jembatan Kretek 2 sudah mencapai 63,27 persen, dan sesuai kontrak ditargetkan rampung pada Januari 2023.

"Untuk progres pekerjaan, struktur bawah telah selesai semua, pondasi dan pier-nya. Untuk saat ini kita mengerjakan erection girder. Sementara pekerjaan aspal dan deck slab juga paralel kita kerjakan," pungkasnya.

Sebagai informasi, Jembatan Kretek 2 menjadi bagian dari proyek jalur JLS sepanjang 1.604 kilometer yang membentang dari Banten hingga Banyuwangi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.