Kompas.com - 13/12/2021, 20:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Bali-Mandara menggunakan teknologi cat khusus pada pilar jembatan yang tertancap di dalam air.

Mengingat jalan bebas hambatan berbayar sepanjang 12,7 kilometer ini merupakan jalan tol atas laut pertama di Indonesia.

Melansir dari laman Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, pilar Jalan Tol Bali-Mandara yang berjumlah hampir 14.000 titik pancang dilapisi teknologi cat antifouling.

Teknologi cat antifouling tipe statis ini merupakan suatu cat yang dilapisi dengan kandungan biosida aktif.

Digunakan sebagai metode perlindungan struktur jembatan yang berada di lingkungan laut atau pantai dari kerusakan yang diakibatkan oleh penempelan biota laut sobat.

Penggunaan cat antifouling diterapkan dengan metode Two in One Protection System yang berfungsi sebagai lapis lindung anti korosi dan antifouling yang bekerja pada struktur-struktur statis di lingkungan laut atau pantai dengan waktu yang cukup lama.

Sebab, beton yang digunakan sebagai bahan baku pilar jembatan di atas air, apabila ditempeli biota laut maka akan menjadi lebih rapuh dan dapat menyebabkan kerusakan pada struktur pilar tersebut.

Salah satu jenis biota laut yang kerap menempel pada pilar jembatan yang terendam dalam air air laut adalah teritip.

Penempelan mikroorganisme tersebut juga dapat menyebabkan berat mati struktur semakin bertambah pada penopang di tiap pilar.

Maka dari itu guna mencegah kerusakan, pada setiap pilar Jalan Tol Bali-Mandara dilapisi dengan teknologi cat antifouling.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.