Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Milenial dan Daya Ungkit Paramount Petals di Koridor Barat Jakarta

Kompas.com - 07/12/2021, 12:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kesadaran milenial, profesional muda, dan keluarga muda untuk memiliki hunian, terus meningkat. Terlebih, dalam masa pandemi Covid-19 yang sudah berjalan nyaris dua tahun yang belum benar-benar berakhir. 

Rumah.com Consumer Sentiment Survey Semester I-2021 mengungkapkan, milenial semakin  menyadari tentang pentingnya memiliki rumah sejak usia muda.

Country Manager Rumah.com Marine Novita menuturkan, dari total responden milenial atau 62 persen dari 1.078 responden, satu dari dua di antaranya sudah memiliki properti sendiri baik rumah, tanah, apartemen, ataupun yang lain.

"Sebanyak 56 persen dari milenial yang belum punya properti, berencana memiliki properti sendiri paling lambat pada usia 31 tahun," ujar Marine.

Baca juga: 81 Juta Milenial Indonesia Belum Punya Rumah

Mereka pun berupaya mengurangi pengeluaran tertier mulai dari jalan-jalan, hiburan, makanan, minuman, gawai, kendaraan, dan lain-lain.

Survei ini menggenapi data sebelumnya yang diungkapkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bahwa 81 juta milenial belum memiliki rumah sendiri.

Oleh karena itulah, sejumlah pengembang berlomba membangun hunian yang mengakomodasi kebutuhan milenial dengan memenuhi kondisi tertentu seperti keterjangkauan atau affordability issue, dan terintegrasi infrastruktur transportasi.

Salah satu pengembang yang tengah membangun hunian untuk milenial adalah Paramount Land, dengan perumahan skala kota atau township Paramount Petals, di koridor barat Jakarta, atau tepatnya Kabupaten Tangerang, Banten.

Paramount Petals menempati area seluas 300 hektar, dirancang oleh masterplanner AECOM sebagai kota mandiri baru strategis yang dilengkapi beragam fasilitas dan infrastruktur modern.

Tak hanya hunian, juga pusat-pusat komersial yang akan dibangun dengan desain yang kompak dan fungsional sesuai kebutuhan aktual para milenial.

Baca juga: Paramount Rilis Hunian Rp 750 Jutaan untuk Milenial

Dengan segala konsep yang ditawarkan ini, klaster perdana Aster sejumlah 129 unit pun terserap seluruhnya kurang dari satu bulan sejak dilansir awal Juli 2021. 

Harga yang dipatok mulai dari Rp 600 jutaan hingga Rp 1,1 miliar.

Kini, perusahaan tengah memasarkan 117 unit dari total 427 unit klaster Canna dengan harga perdana mulai dari Rp 750 jutaan.

Kedua klaster tersebut dirancang dengan konsep high ceiling dengan opsi mezzanine guna menciptakan ruang felksibel seperti untuk work from home, ruang santai, dan membuat konten.

Direktur Paramount Land Aryo T Ananto menuturkan, melalui klaster Aster dan Canna, Perusahaan ingin memberi kesempatan kepada kalangan muda untuk mau memiliki rumah sebagai sarana investasi serta hunian.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com