Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusunawa Ponpes Modern IMMIM yang Baru Diresmikan Berkapasitas 136 Orang

Kompas.com - 23/11/2021, 12:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah Susun Sewa (Rusunawa) Pondok Pesantren (Ponpes) Modern IMMIM di Kabupaten Maros, baru saja diresmikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, Senin (22/11/2021).

Rusunawa yang terdiri dari satu tower setinggi dua lantai tersebut dirancang dengan daya tampung hingga 136 orang.

Dilansir dari press release Kementerian PUPR yang diterima Kompas.com, rusunawa tersebut memiliki luas bangunan 1.128 meter persegi dan berdiri di atas lahan seluas 2.135 meter persegi.

Adapun fasilitas yang ada, meliputi air bersih, instalasi listrik, tempat tidur dan lemari pakaian masing-masing sebanyak 68 unit, toilet, kamar mandi, tempat cuci, area wudhu dan power supply unit (PSU).

Baca juga: Tersedia Meubelair, Dua Rusun Ponpes An-Nawawi Siap Dihuni

Pembangunan rusun ponpes ini dikerjakan oleh kontraktor pelaksana PT Adhi Prima Mandiri Persada dengan menggunakan anggaran APBN TA 2019 senilai Rp 6,6 miliar.

Perlu diketahui, pembangunan sarana prasarana pendidikan berupa rusunawa merupakan bagian dari komitmen Kementerian PUPR dalam mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, Kementerian PUPR diberikan mandat oleh Presiden untuk lebih memperhatikan infrastruktur pendukung pendidikan, seperti hunian santri dan mahasiswa dengan tujuan agar mereka lebih fokus dalam menuntut ilmu.

"Dengan dibangunnya rusun tersebut diharapkan bisa membantu para santri untuk mendapatkan hunian yang layak selama proses belajar mengajar sehingga diharapkan akan mencetak SDM yang unggul dan berakhlak mulia," ujar Basuki.

Didampingi oleh pejabat lainnya, Basuki juga meninjau kondisi bangunan hingga kelengkapan fasilitas rusun untuk memastikan sarana dan prasaran telah dibangun dengan baik agar dapat digunakan secara optimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com