Kemenag, BPN, dan BWI Percepat Sertifikasi Tanah Wakaf di Lamongan

Kompas.com - 10/11/2021, 09:30 WIB

LAMONGAN, KOMPAS.com - Jajaran Kementerian Agama (Kemenag) Lamongan bersama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Lamongan dan Badan Wakaf Indonesia (BWI) Lamongan, bersepakat mempercepat sertifikasi tanah wakaf yang ada di Kabupaten Lamongan.

Hal ini menyusul penandatanganan nota kesepahaman (MoU) percepatan sertifikasi tanah wakaf di Kabupaten Lamongan, yang dilaksanakan di Kantor Kemenag Lamongan, Selasa (9/11/2021).

Kepala Kemenag Lamongan Fausi mengatakan, pelaksanaan MoU ini merupakan bentuk tindak lanjut dari program Kementerian Agama RI tentang percepatan sertifikasi tanah wakaf di Indonesia.

"Kami sudah mendapat perintah dari Kementerian Agama RI terkait percepatan tanah wakaf ini, bahkan sudah ada juknisnya (petunjuk teknis)," ujar Fausi.

Baca juga: Jangan Mudah Tertipu, Begini Cara Cek Keaslian Sertifikat Tanah

Dengan adanya MoU ini, diharapkan dapat memudahkan baik petugas dari Kemenag, BPN maupun BWI, untuk mempercepat penuntasan sertifikasi tanah wakaf di Kabupaten Lamongan.

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mendukung penuh percepatan Akta Ikrar Wakaf (AIW) menjadi sertifikat tanah wakaf.

Menurutnya, dengan memiliki sertifikat, maka tanah wakaf akan lebih terjamin dan sah secara hukum.

Dengan AIW, tanah yang sudah diwakafkan oleh pemiliknya tidak akan menjadi sengketa di kemudian hari.

"MoU ini akan mengingatkan kita semua untuk menyukseskan AIW menjadi sertifikat wakaf. Ini akan menjadi kabar gembira di tengah carut marutnya persoalan sertifikasi. Dengan reformasi birokrasi, masyarakat dapat merasakan mudahnya mendapatkan sertifikat tanah," tutur Yuhronur.

Selain itu, agenda penandatanganan MoU yang dilakukan oleh ketiga lembaga ini, sebagai langkah percepatan sertifikasi tanah wakaf di Kabupaten Lamongan sehingga dapat tuntas pada tahun 2024.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.