Menhub Serukan Batas Kecepatan di Kawasan Pemukiman dan Wisata

Kompas.com - 07/11/2021, 06:00 WIB
Menhub serukan batas kecepatan berkendara di kawasan pemukiman dan wisata saat kegiatan Puncak Pekan Nasional Keselamatan Jalan (PKNJ) di kawasan wisata Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Sabtu (6/11).
Dok. KemenhubMenhub serukan batas kecepatan berkendara di kawasan pemukiman dan wisata saat kegiatan Puncak Pekan Nasional Keselamatan Jalan (PKNJ) di kawasan wisata Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Sabtu (6/11).

JAKARTA, KOMPAS.com - Batas kecepatan berkendara tidak hanya dimilik jalan nasional maupun jalan tol.

Kini, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi juga menyerukan batas kecepatan tertentu di kawasan pemukiman dan wisata.

"Jadi ingat, berkendara di daerah pemukiman dan di kawasan wisata itu tidak boleh lebih dari 30 kilometer per jam untuk menjaga keselamatan bersama," kata Budi dalam keterangannya, Sabtu (06/11/2021).

Seruan ini disampaikannya dalam kegiatan Puncak Pekan Nasional Keselamatan Jalan (PKNJ), yang diselenggarakan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub di kawasan wisata Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Sabtu (6/11).

"Ini juga berlaku pada kota dimana ada kombinasi dari pengunaan mobil, pejalan kaki, dan sepeda motor," tuturnya.

Baca juga: Berapa Kecepatan Maksimum Berkendara di Jalan Tol ?

Dia menerangkan, kampanye keselamatan dengan jaga laju kendaraan maksimal 30 kilometer per jam bertujuan untuk meningkatkan keselamatan dan memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang berada di kawasan pemukiman ataupun wisata.

"Juga untuk menjadikan suatu kawasan yang layak huni, khususnya bagi pengguna jalan seperti: pejalan kaki, pesepeda, maupun penyandang disabilitas dalam melakukan aktivitasnya, baik untuk bekerja maupun berwisata," urai Budi.

Sementara itu, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi menambahkan, pada kegiatan Puncak PNKJ di kawasan wisata Borobudur ini juga diselenggarakan penyampaikan komitmen 'Koalisasi Teman Sejati' atau Selamat di jalan dan hati-hati).

Sebagai bentuk komitmen bersama seluruh pengguna jalan dan pemangku kepentingan dalam menjaga keselamatan berlalu lintas.

"Kegiatan ini menjadi momentum kita saling mengingatkan dan peduli untuk mengutamakan keselamatan berlalu lintas," imbuhnya.

Selain kegiatan kampanye keselamatan jalan, juga dilakukan Penandatanganan Naskah Perjanjian dan Berita Acara Serah Terima (BAST) Terminal Tipe A Giwangan dari Pemerintah Kota Yogyakarta kepada Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.