Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fasilitas Umum dan Pendukung Bendungan Rp 2,8 Triliun Ini Tuntas Dikerjakan

Kompas.com - 14/10/2021, 13:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Bidang Pelaksanaan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Sugeng Harianto mengatakan, progres konstruksi Bendungan Leuwikeris secara keseluruhan telah mencapai 82 persen.

"Sampai saat ini progres bendungan sudah mencapai 82 persen kurang lebih," ujar Sugeng dalam press tour di Tasikmalaya, Rabu (13/10/2021).

Dari progres tersebut, fasilitas umum dan pendukung sudah dibangun seperti rumah genset, gardu pandang, dan rumah tangki.

Kemudian, musholla, serta kantor Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan rumah dinas Bendungan Leuwikeris.

Bendungan senilai Rp 2,8 triliun tersebut terbagi dalam lima paket pekerjaan, baik utama dan lanjutan.

Paket 1 senilai Rp 867 miliar dikerjakan oleh PT PP (Persero) Tbk dan PT Bahagia Bangun nusa dengan skema kerja sama operasi (KSO).

Lingkup pekerjaan paket 1 adalah bendungan utama (main dam) dan fasilitas dengan masa pekerjaan 1.848 hari kalender.

Baca juga: Lelet, 2 Tahun Konstruksi Bendungan Leuwikeris Baru 36,7 Persen

Progres konstruksi paket 1 telah mencapai 55,57 persen atau mengalami deviasi positif dari yang direncanakan 52,08 persen.

Kemudian, paket 2 digarap oleh KSO PT Waskita Karya (Persero) Tbk dan PT Adhi Karya (Persero) Tbk dengan nilai kontrak Rp 461,8 miliar.

Pekerjaan paket 2 ini telah tuntas dilakukan berupa bangunan pelimpah, hidromekanikal dan elektrikal, pengelak, access road dan saluran u-dith dengan masa pelaksanaan 752 hari kalender.

Sama halnya paket 2, paket 3 juga selesai dikerjakan dengan lingkup terowongan pengelak dan jalan akses senilai Rp 385,2 miliar oleh PT Hutama Karya (Persero).

Selanjutnya, paket 4 dengan lingkup pekerjaan access road, plugging terowongan pengelak, hidromekanikal dan elektrikal, instrumentasi, dan peralatan penunjang sudah mencapai progres 87,27 persen.

Paket ini dikerjakan oleh tiga kontraktor yakni Hutama Karya, Waskita Karya, serta PT Basuki Rahmanta Putra dengan anggaran Rp 804,3 miliar.

Sementara progres konstruksi paket 5 sudah mencapai 98,78 persen dengan lingkup terowongan pengelak, bangunan pengambilan, hidromekanikal, dan jembatan cikembang.

Paket ini dikerjakan oleh Waskita Karya dan Adhi Karya dengan nilai kontrak sebesar Rp 289,7 miliar.

Bendungan Leuwikeris terletak di Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Tasikmalaya yang dibangun sejak tahun 2016.

Infrastruktur SDA ini termasuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 109 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga atas Perpres Nomor 2 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanan PSN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com