Kompas.com - 28/08/2021, 18:16 WIB
Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Sunter Muara, Jakarta Utara panen 50 kilogram ikan lele. Dok. Kominfotik Jakarta UtaraRuang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Sunter Muara, Jakarta Utara panen 50 kilogram ikan lele.

JAKARTA, KOMPAS.com - Jakarta merupakan salah satu kota terluas di Indonesia dengan total wilayah mencapai 661,5 kilometer persegi.

Sayangnya, kota yang saat ini sudah berumur 494 tahun itu memiliki ruang terbuka hijau (RTH) yang sangat sedikit dibandingkan dengan Singapura dan Kuala Lumpur.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Padahal menurut Undang-undang (UU) Nomor 26 tahun 2007 tentang Penataan Ruang, mengharuskan sebuah kota memiliki 30 persen RTH.

Dalam unggahan akun instagramnya, Jakarta Property Institute menyebutkan luas RHT per kapita di Singapura sembilan kali lebih banyak dari pada di Jakarta.

Baca juga: Disebut Punya Tata Ruang Terburuk Se-Dunia, Jakarta Harus Revisi RTRW

“Sudah sepatutnya kota memiliki Ruang Terbuka Hijau yang cukup dan memadai. Jika membandingkan luas per kapita ruang terbuka hijau antara Kuala Lumpur, Singapura dan Jakarta, jumlah RTH di Jakarta masih sangat sedikit yakni hanya 6,2 meter persegi per kapita,” tulis Jakarta Property Institute.

Sementara itu, Singapura dan Kuala Lumpur secara berturut-turut sudah mencapai angka 56,3 dan 12,7 meter persegi per kapita.

Pengamat Tata Kota dari Universitas Trisakti Nirwono Yoga menilai dengan kenyataan ini, menunjukkan Pemrov DKI belum serius menambah luasan RTH. 

"Luas RTH hanya 9 persen tahun 2000. Hingga tahun 2020, hanya mencapai 9,98 persen. Ini artinya dalam 20 tahun, Pemprov DKI hanya mampu menambah kurang dari 1 persen," ujar Nirwono saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (28/8/2021). 

Baca juga: Kalah dari Singapura dan Malaysia, Indeks Keamanan Jakarta di Posisi 43

Padahal, menurutnya dalam rencana tata ruang wilayah (RTRW) DKI Jakarta tahun 2030 luas RTH yang ditargetkan adalah 30 persen. 

"Pemprov DKI sepertinya lebih suka beautfikasi saja dengan mempercantik kualitas taman-taman yang sudah ada," jelas Nirwono. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.