Kompas.com - 25/08/2021, 12:00 WIB
Ilustrasi rumah. Dok. TIM PUBLIKASI DIREKTORAT RUMAH UMUM DAN KOMERSIALIlustrasi rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengingatkan jajarannya, masih ada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang perlu dilayani penyediaan perumahannya oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Jangan lupa itu juga menjadi bagian dan perhatian dari kita semua," tegas Basuki dalam sambutannya pada Puncak Acara Hari Perumahan Nasional (Hapernas) 2021, Rabu (25/8/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kebutuan rumah untuk masyarakat tersebut bisa dilakukan melalui pembangunan rumah susun (rusun) dan lain-lain.

Basuki tak mengkhawatirkan masyarakat yang bisa dilayani kebutuhan rumahnya oleh pengembang serta bank pelaksana melalui pembiayaan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Baca juga: Tahun Depan, Ada Bantuan Rumah untuk Masyarakat Berpenghasilan Tidak Tetap

Hal ini dikarenakan Kementerian PUPR sekadar menginginkan peningkatan kualitas dari bangunan yang mereka miliki.

Sementara untuk masyarakat yang penyediaan rumahnya masih dibiayai oleh APBN perlu diperhatikan demi mengentaskan kemiskinan dan menurunkan angka stunting (kekurangan gizi) di Indonesia.

Pengentasan kekurangan gizi dan kemiskinan ini tidak cukup dalam bantuan sosial (bansos), tetapi juga membutuhkan dukungan perumahan berupa air bersih dan sanitasi.

"Pak Menteri Koordinator (Menko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) mengatakan, untuk mengentaskan kemiskinan tidak cukup bansos dan lain-lain, tapi juga butuh dukungan perumahan," tambah dia.

Dengan begitu, salah satu program Kementerian PUPR yaitu Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) akan lebih akuntabel dan dapat dipertanggungjawabkan ke depan.

Basuki mengatakan, kebutuhan rumah tidak hanya bagi MBR yang bisa mendapatkan layanan dari pengembang, namun juga lebih besar bagi mereka yang tidak memperoleh akses tersebut.

Untuk diketahui, Badan Layanan Umum (BLU) Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian PUPR juga menggelar pameran subsidi virtual selama 12 hari yaitu mulai 20-31 Agustus 2021.

Ini merupakan bagian dari rangkaian acara dalam memperingati Hapernas tahun ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.