Dikebut, Penyelesaian Jembatan Lengkung Pertama di Indonesia

Kompas.com - 15/07/2021, 23:00 WIB
Jembatan Sei Alalak yang berlokasi di Kalimantan Selatan. Jembatan ini dirancang dengan desain cable-stayed lengkung. Jembatan dengan panjang 850 meter ini akan menjadi ikon baru Kalsel/ Kementrian PUPRJembatan Sei Alalak yang berlokasi di Kalimantan Selatan. Jembatan ini dirancang dengan desain cable-stayed lengkung. Jembatan dengan panjang 850 meter ini akan menjadi ikon baru Kalsel/

Jakarta, Kompas.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Wilayah I Kalimantan Selatan (Kalsel) tengah menyelesaikan pembangunan Jembatan Sei Alalak.

Jembatan ini memiliki panjang 850 meter dan berlokasi di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). Spesialnya, jembatan ini akan menjadi ikon baru Kalsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dipilihnya jembatan Sei Alalak menjadi ikon Kalsel karena merupakan jembatan cable-stayed lengkung pertama di Indonesia.

Meski masih berada dalam kondisi pandemi Covid-19, proses konstruksi diupayakan tetap berlangsung agar pelaksanaan proyek dapat diselesaikan tepat waktu.

Baca juga: Konstruksi Jembatan Sei Alalak Tuntas Maret 2021

Progres konstruksi jembatan telah mencapai 90,30 persen dan ditargetkan selesai pada September 2021.

Kepala BPJN Kalimantan Selatan Syauqi Kamal mengatakan saat ini pekerjaan pondasi dan jembatan pendekat berupa struktur pile slab sudah selesai.

"Pada sisa masa pelaksanaan pekerjaan tahun ini, kami fokus pada penyelesaian pekerjaan struktur pada bentang utama jembatan, pekerjaan jalan akses dan frontage, serta pekerjaan minor lainnya,” ujarnya.

“Masa pelaksanaan pekerjaan fisik akan berakhir pada tanggal 15 September 2021 dengan masa pemeliharaan selama 2 tahun,” jelas Kamal.

Kamal menambahkan, sebelum Jembatan Sei Alalak dioperasikan, akan dilaksanakan uji laik fungsi jembatan dan uji laik fungsi jalan.

“Uji ini dilakukan untuk memastikan kondisi dan keamanan jembatan dapat dilalui oleh kendaraan sesuai dengan peruntukannya,” pungkasnya.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.