LMAN Setujui Dana Pembebasan Lahan KA Makassar-Parepare Rp 21 Miliar

Kompas.com - 15/07/2021, 19:00 WIB
Direktur Pengadaan dan Pendanaan Lahan LMAN Qoswara. Dok. LMANDirektur Pengadaan dan Pendanaan Lahan LMAN Qoswara.

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) kembali menyetujui dana pembebasan lahan Proyek Strategis Nasional (PSN) Jalur Kereta Api (KA) Makassar-Parepare senilai Rp 21 miliar untuk 59 bidang tanah.

Pembayaran disampaikan langsung kepada penerima melalui mitra perbankan pada Kamis (15/07/2021) dan Jumat (16/07/2021), setelah persyaratan administrasi dipastikan terpenuhi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Direktur Pengadaan dan Pendanaan Lahan LMAN Qoswara mengatakan, LMAN berkomitmen  melaksanakan pembayaran pembebasan lahan dengan menjunjung tinggi tata kelola yang baik.

"Meskipun dalam masa pembatasan sosial ketat, LMAN tetap melakukan proses verifikasi dan persetujuan dengan memanfaatkan teknologi dan inovasi, agar pembayaran tetap terlaksana," terang Qoswara dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Kamis (15/07/2021).

Baca juga: Proyek KA Makassar-Parepare Dapat Pinjaman Rp 693 Miliar, Beroperasi 2022

Pembayaran uang ganti rugi (UGR) pembebasan lahan jalur KA Makassar-Parepare telah dilakukan sejak akhir Tahun 2018 secara bertahap dengan total keseluruhan alokasi senilai Rp 1,15 triliun dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Hingga awal Juli 2021, LMAN telah merealisasikan pembayaran sejumlah sebesar Rp 659 miliar atau 57,34 persen dari total alokasi.

Qoswara melanjutkan, LMAN sebagai lembaga yang ditunjuk untuk melaksanakan pendanaan lahan PSN terus bersinergi dengan pemangku kepentingan terkait.

Misalnya, Kementerian/Lembaga (K/L) dan masyarakat untuk mewujudkan pendanaan lahan yang cepat dan akurat.

Hal itu merupakan refleksi dari dukungan LMAN terhadap upaya percepatan, karena ketersediaan lahan merupakan kebutuhan mendasar bagi terwujudnya pembangunan infrastruktur.

Percepatan pembangunan infrastruktur jalur KA Makassar-Parepare membentang sepanjang 144 kilometer terus dilakukan sebagai bagian dari akselerasi pembangunan konektivitas jalur Trans-Sulawesi.

"Dengan adanya sarana pendukung mobilitas sosial dan peredaran barang melalui pembangunan tersebut, diharapkan memiliki dampak bagi pertumbuhan ekonomi nasional, khususnya di Sulawesi Selatan," tuntas dia.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.