Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diharapkan Urai Kemacetan, Tol Kelapa Gading-Pulogebang Tuntas Bulan Ini

Kompas.com - 15/07/2021, 20:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengharapkan hadirnya 6 ruas tol dalam kota Jakarta bisa mengurai kemacetan.

Pembangunan 6 ruas tol ini telah dimulai sejak Februari 2017 dengan progres konstruksi Seksi I Kelapa Gading-Pulogebang mencapai 98,8 persen dan ditargetkan selesai bulan Juli 2021 ini.

Kementerian PUPR sendiri tengah menyelesaikan pekerjaan akhir pembangunan Jalan Tol Layang Dalam Kota Seksi Kelapa Gading-Pulogebang sepanjang 9,3 kilometer.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, kehadiran jalan tol ini diharapkan bisa mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri.

“Kehadiran 6 ruas Jalan Tol Dalam Kota yang baru ini untuk mengurangi kemacetan di Ibu Kota Jakarta,” ujar Basuki dalam rilis pers, Kamis (15/7/2021).

Baca juga: Tuntas Juni 2021, Tol Layang Kelapa Gading-Pulogebang Bertarif Rp 2.167 Per Kilometer

Menurut Basuki, seluruh ruas tol ini dibangun dengan mengadopsi konstruksi jalan layang yang terintegrasi dengan transportasi umum Bus Rapid Transit (BRT).

Keseluruhan ruas tol yang membentang sepanjang 69,77 kilometer ini akan menghubungkan berbagai kawasan produktif seperti kawasan industri, kawasan pariwisata, pelabuhan dan bandara.

Misalnya seksi Kelapa Gading-Pulogebang akan terkoneksi dengan jaringan Jalan Tol JORR Seksi E.

Jalur ini akan terkoneksi dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Marunda dan menunjang akses Pelabuhan Tanjung Priok.

Pembangunan 6 Ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta atau Jalan Tol Layang Dalam Kota Jakarta merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 56 Tahun 2018.

Penyelesaian Jalan Tol Layang Dalam Kota Seksi Kelapa Gading-Pulogebang ini akan melengkapi struktur jaringan jalan bebas hambatan di kawasan Metropolitan Jabodetabek.

Sebelumnya, 6 Ruas Jalan Tol Dalam Kota telah memiliki jaringan tol lingkar dalam kota dan lingkar luar atau Jakarta Outer Ring Road (JORR).

Pembangunan ini dilaksanakan secara bertahap. Tahap 1 akan dibangun jalan sepanjang 31,2 kilometer yang terdiri dari Seksi A Kelapa Gading-Pulogebang sepanjang 9,3 kilometer, Seksi B Semanan-Grogol sepanjang 9,5 kilometer, dan Seksi C Grogol-Kelapa Gading sepanjang 12,4 kilometer.

Nilai investasi pembangunan tahap 1 ini sebesar Rp 20,73 triliun dengan kontraktor pelaksana PT Jaya Konstruksi Tbk dan PT Adhi Karya Tbk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com