Indahnya Jalan Akses Wisata Rohani Patung Yesus Kristus yang Dibuat Berkelok

Kompas.com - 29/06/2021, 07:00 WIB
Jalan akses wisata rohani menuju Patung Yesus Kristus di Puncak Bukit Sibea-bea, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara. Dok. Kementerian PUPR.Jalan akses wisata rohani menuju Patung Yesus Kristus di Puncak Bukit Sibea-bea, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan jalan akses wisata rohani Patung Yesus Kristus di Puncak Bukit Sibea-bea, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara, telah tuntas dikerjakan.

Infrastruktur jalan ini dibangun untuk mendukung pengembangan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan infrastruktur di setiap DPSP direncanakan secara terpadu.

Keterpaduan ini dilaksanakan dengan memerphatikan beberapa aspek seperti penataan kawasan, jalan, penyediaan air baku dan air bersih, pengelolaan sampah, sanitasi, serta perbaikan hunian penduduk melalui rencana induk pembangunan.

Baca juga: Infrastruktur Jalan dan Rumah Budaya Jadi Indikator Kesejahteraan Masyarakat Papua

"Untuk pariwisata, pertama yang harus diperbaiki infrastrukturnya, kemudian amenities dan event, baru promosi besar-besaran. Kalau hal itu tidak siap, wisatawan datang sekali dan tidak akan kembali lagi," terang Basuki dalam siaran pers, Senin (28/06/2021).

Puncak Bukit Sibea-bea memiliki kondisi geografis sebagai daerah dataran tinggi yang sebelumnya tidak memiliki jalan akses untuk dilalui kendaraan roda empat.

Untuk menuju Bukit Sibea-bea, dapat ditempuh melalui jalur darat dalam waktu tempuh 2 jam dari Bandara Silangit melewati ruas jalan Tele-Pangururan.

Jalan akses wisata rohani menuju Patung Yesus Kristus di Puncak Bukit Sibea-bea, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara.Dok. Kementerian PUPR. Jalan akses wisata rohani menuju Patung Yesus Kristus di Puncak Bukit Sibea-bea, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara.
Oleh karena itu, Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga membangun jalan akses sepanjang 2,5 kilometer dengan menggali bukit bebatuan menuju lokasi wisata Patung Yesus di Puncak Bukit Sibea-bea.

Pekerjaan pembangunan ini dilaksanakan oleh PT Matio Jaya Cemerlang dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) senilai Rp Rp 23,3 miliar.

Ada beberapa kendala yang dihadapi dalam membangun akses menuju Puncak Bukit Sibea-bea yaitu perlu penggalian bukit dengan banyak bebatuan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.