Infrastruktur Jalan dan Rumah Budaya Jadi Indikator Kesejahteraan Masyarakat Papua

Kompas.com - 23/06/2021, 14:30 WIB
Wakil Presiden Maruf Amin Setkab.go.idWakil Presiden Maruf Amin

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah merumuskan tujuh sektor strategis yang menjadi program Quick Wins 2020-2021 untuk mempercepat pembangunan kesejahteraan masyarakat Papua, Selasa (22/06/2021).

Kedua sektor yang menjadi indikator kesejahteraan Papua adalah infrastruktur penghubung dan juga pembangunan rumah budaya.

Quick Wins merupakan tindak lanjut dari Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 20 Tahun 2020 tentang Tim Koordinasi Terpadu Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Papua Barat.

Wakil Presiden Maruf Amin yang juga selaku Ketua Dewan Pengarah Tim Koordinasi Terpadu Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Papua Barat mengatakan bahwa quick wins menjadi salah langkah konkret pemerintah untuk membangun Papua.

Baca juga: Reforma Agraria di Papua Harus Kontekstual

“Kehadiran Inpres Nomor 9 Tahun 2020 ini merupakan bukti komitmen pemerintah dalam melakukan upaya percepatan pembangunan kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat,” kata Maruf dalam keterangan yang dikutip Kompas.com dari laman Setkab.go.id, Rabu (23/06/2021).

Wapres menjelaskan, timnya telah merumuskan tujuh sektor strategis yang menjadi program quick wins 2021-2022 untuk membangun kesejahteraan masyarakat Papua.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketujuh sektor strategis tersebut adalah Pertama, di bidang pendidikan, melalui Papua Pintar.

Kedua, Papua Sehat sebagai solusi atas permasalahan sulitnya akses masyarakat Papua terhadap fasilitas dan layanan kesehatan.

“Ini antara lain, peningkatan RSUD di tujuh wilayah adat, pengembangan infrastruktur Papua, penguatan puskesmas, dan penampungan anak terlantar,” jelasnya.

Ketiga, Papua Mandiri, berupa wujud pengembangan komoditas unggulan yang mencakup kawasan wisata dan pengembangan usaha masyarakat Papua.

Baca juga: Potensi Obyek Reforma Agraria di Papua Barat dari Pelepasan Kawasan Hutan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X