Auckland, Kota Paling Layak Huni di Dunia Tahun 2021

Kompas.com - 14/06/2021, 19:00 WIB
Auckland New Zealand jadi kota layak huni di dunia tahun 2021 Shutterstock.comAuckland New Zealand jadi kota layak huni di dunia tahun 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Auckland, Selandia Baru, menduduki peringkat teratas dalam survei tahunan kota paling layak huni di dunia versi Global Liveability Index 2021 keluaran Economist Intelligence Unit (EIU).

Survei ini diikuti oleh 140 kota dunia dengan lima kategori penilaian yakni stabilitas, perawatan kesehatan, budaya dan lingkungan, pendidikan, dan infrastruktur termasuk pengaruh pandemi Covid-19.

Dalam survei tersebut, kota-kota di beberapa negara seperti Australia, Jepang, dan Selandia Baru mengambil posisi terdepan, sementara kota-kota Eropa dan Kanada turun peringkat.

Baca juga: Biaya Hidup Rendah, Jelajahi 12 Kota Termurah di Dunia

Enam dari sepuluh kota teratas berada di Selandia Baru atau Australia. Kontrol perbatasan yang ketat telah memungkinkan penduduk untuk menjalani kehidupan relatif normal selama pandemi covid-19.

Auckland menduduki peringkat teratas, karena kota tersebut berhasil dalam mengatasi pandemi Covid-19, yang memungkinkan masyarakatnya tetap terbuka dan kota mendapat skor sangat kuat.

Selanjutnya, di peringkat kedua hingga lima ditempati Osaka (Jepang), Adelaide (Australia), Wellington (Selandia Baru), dan Tokyo (Jepang).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, satu-satunya negara Eropa yang berhasil masuk 10 besar, adalah Swiss dengan Zurich dan Jenewa berada di peringkat ketujuh dan kedelapan.

Karena banyak kota di Eropa telah berjuang melawan gelombang Covid-19 kedua dengan membatasi acara budaya dan olahraga, serta menutup sekolah dan restoran.

Selanjutnya Kota Wina yang merupakan Ibu Kota Austria yang selama ini menempati posisi teratas sepanjang tahun 2018 hingga 2020, merosot ke posisi 12 untuk survei kota layak huni tahun 2021.

Menurut EIU kota-kota di Jerman seperti Frankfurt, Hamburg, dan Dusseldorf juga mengalami penurunan peringkat terbesarnya akibat pandemi Covid-19 yang terjadi hingga saat ini.

Berikut daftar 10 kota layak huni di dunia tahun 2021:

1. Auckland, New Zealand
2. Osaka, Japan
3. Adelaide, Australia
4. Wellington, New Zealand
5. Tokyo, Japan
6. Perth, Australia
7. Zurich, Switzerland
8. Geneva, Switzerland
9. Melbourne, Australia
10. Brisbane, Australia

 



Sumber EIU
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X