Hadapi Dampak Perubahan Iklim, SMF Buka Peluang Terbitkan Green Bonds

Kompas.com - 14/06/2021, 18:00 WIB
Green building butuh investasi lebih tinggi ketimbang pembangunan konvensional. shutterstockGreen building butuh investasi lebih tinggi ketimbang pembangunan konvensional.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF akan memaksimalkan fungsi dan perannya dalam mendukung pemerintah menghadapi tantangan perubahan iklim di Indonesia.

Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo mengatakan climate change akan memberikan dampak buruk dan berpengaruh pada berbagai sektor termasuk perumahan.

"Peningkatan risiko bencana alam yang mungkin terjadi karena perubahan ekstrim cuaca adalah beberapa hal yang akan memberikan dampak di sektor perumahan," kata Ananta dalam keterangan tertulis, Senin (14/06/2021).

Menurutnya, bencana alam akan memberikan dampak signifikan baik secara sosial maupun ekonomi, khususnya pada lingkungan perumahan yang dihuni oleh masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Terkait dengan dukungan terhadap perubahan iklim tersebut, SMF melakukan berbagai langkah strategis baik secara internal maupun eksternal.

Baca juga: SMF Biayai Renovasi Rumah dan Tempat Usaha Nasabah PMN Melalui Program HOME

Ananta menuturkan, dari sisi internal, saat ini SMF telah menginisiasi berbagai upaya mitigasi berwawasan lingkungan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di antaranya dengan menginiasi Program Greenship Associates di lingkungan internal Perseroan untuk mendorong karyawan agar lebih sadar dan peduli terhadap lingkungan.

Program ini dijalankan melalui berbagai inisiatif seperti Rumah Hijau Karyawan, Program SMF Green Building, Program Bank Sampah SMF, Program Kampanye Sadar Lingkungan melalui berbagai kanal media SMF.

SMF juga tengah menyusun framework dalam rangka penerbitan green bonds, dengan menentukan kriteria green sesuai dengan Environmental Social Governance (ESG) yang bersinergi dengan lembaga-lembaga yang telah memiliki pengalaman dalam green housing.

Saat ini, negara-negara lain sudah bisa memetakan di mana daerah yang terdampak bencana alam hingga 10 tahun ke depan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X