Mudik Dilarang, Catat Titik Penyekatan di Tol Trans-Jawa

Kompas.com - 07/05/2021, 11:40 WIB
Jalan Tol Cipali mengalami amblas dan tidak bisa dilewati kendaraan (9/2/2021). DOK. ASTRA TOl CIPALIJalan Tol Cipali mengalami amblas dan tidak bisa dilewati kendaraan (9/2/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah telah resmi melarang mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijirah mulai 6-17 Mei 2021.

Pelarangan mudik Lebaran 2021 ini berlaku untuk semua moda transportasi, baik darat, laut, udara, dan kereta api, termasuk di jalan tol.

Dengan adanya larangan mudik ini, ada beberapa titik di Jalan Tol Trans-Jawa maupun Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) yang disekat.

Baca juga: UPDATE Pembangunan 8 Ruas Jalan Tol Trans-Sumatera, Ini Rinciannya

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit mengatakan, ada 61 titik penyekatan di Tol Trans-Jawa maupun JTTS secara keseluruhan.

"Terdapat sejumlah 61 titik penyekatan di jalan tol Trans Jawa dan Trans Sumatera," jelas Danang kepada Kompas.com, Kamis (06/05/2021).

Danang menjelaskan, pengaturan penyekatan di Gerbang Tol (GT) dikoordinasikan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), Korps Lalu Lintas (Korlantas), serta Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, ada beberapa mitigasi risiko yang dilakukan BPJT Kementerian PUPR dalam peningkatan pelayanan di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area.

Baca juga: 6-17 Mei Ada Penyekatan di Tol Trans-Sumatera, Catat Titik Lokasinya

Misalnya, menerapkan jaga jarak fisik dan memastikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19, pembatasan kapasitas parkir maksimal 50 persen, dan waktu singgah pengunjung.

Kemudian, menyiagakan petugas operasional dan pos pengaman, serta berkoordinasi dengan pihak kepolisian dalam pengaturan lalu lintas (lalin).

Berikut ini titik penyekatan di Tol Trans Jawa:

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X