2.664 Personel Diterjunkan di Tol Trans-Sumatera Selama Larangan Mudik

Kompas.com - 07/05/2021, 06:00 WIB
Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung Dokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRTol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama masa larangan mudik Lebaran 6-17 Mei 2021, terdapat 2.664 personel diterjunkan di posko-posko dan titik penyekatan di sepanjang 530 kilometer ruas operasional Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS).

Direktur Operasi III PT Hutama Karya (Persero) Koentjoro mengungkapkan hal itu dalam virtual gathering, Kamis (06/05/2021).

Menurut Koentjoro, terdapat lima titik penyekatan masing-masing Gerbang Tol (GT) Bakauheni Selatan di Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, Akses GT Simpang Pematang dan Akses GT Kayu Agung di Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang, serta GT Dumai dan Akses Minas di Tol Pekanbaru-Dumai.

Baca juga: Hari Pertama Peniadaan Mudik, Lalin Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Turun 30 Persen

Kegiatan penyekatan ini meliputi pemeriksaan surat kesehatan, surat tugas/surat izin keluar daerah, dan surat kesehatan berupa rapid test antigen 1x24 jam/GeNose C19 (jika diperlukan).

"Jika tidak membawa surat tersebut, maka akan dilakukan putar balik oleh petugas," kata Koentjoro.

Dia menekankan, kegiatan penyekatan ini dipimpin oleh pihak Kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan, dan Pemerintah Daerah setepat. Sementara Hutama Karya hanya sebagai fasilitator.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Selain lima posko penyekatan, kami juga membuat 16 posko mudik," imbuh Koentjoro.

Baca juga: Jalan Layang MBZ Ditutup Sementara 13 Hari, Pengendara Tak Bisa Lewat 8 Akses Ini

Ke-16 posko mudik tersebut rinciannya sebagai berikut; Rest Area 20 B, Rest Area 87 A dan B di Tol Bakauheni-Terbanggi Besar.

Kemudian Rest Area 163 A, Rest Area 172 B, Rest Area 208 A, Rest Area 215 B, Rest Area 234 A, Rest Area 269 A, Rest Area 277 A, Rest Area 306 A, dan Rest Area 311 A di Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang.

Selanjutnya Rest Area 65 A, Rest Area 82+500 A, dan Rest Area 82+500 B di Tol Pekanbaru-Dumai. Berikutnya GT Binjai di Tol Medan-Binjai, dan GT Indralaya di Tol Palembang-Indralaya.

Hutama Karya juga memastikan 21 Rest Area dan 4 tempat istirahat sementara siap digunakan para pengendara.

Untuk mengantisipasi kepadatan di gerbang tol, Perusahaan mengoperasikan seluruh dari total 246 gardu di ruas-ruas tol operasional.

"Selain itu, kami juga menyediakan bantuan tapping kartu oleh petugas, mobile reader untuk  percepatan transaksi di gerbang tol, dan menyiagakan teknisi peralatan tol," tuntas Koentjoro.

 

 

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X