MRT Bundaran HI-Harmoni Ditargetkan Rampung April 2025, Ini Progresnya

Kompas.com - 20/04/2021, 21:00 WIB
Gambar Ilustrasi 1 Rekayasa Lalu Lintas Pekerjaan Konstruksi Persiapan Terowongan Sisi Utara Stasiun Bundaran HI
MRT Jakarta, Tahap 1-4, Periode 22 Maret ? 14 April 2021 MRT JakartaGambar Ilustrasi 1 Rekayasa Lalu Lintas Pekerjaan Konstruksi Persiapan Terowongan Sisi Utara Stasiun Bundaran HI MRT Jakarta, Tahap 1-4, Periode 22 Maret ? 14 April 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar menargetkan pembangunan segmen 1 MRT Fase 2A paket kontrak CP201 yaitu Bundaran HI hingga Harmoni rampung pada April 2025.

"Sementara untuk MRT Fase 2A Harmoni-Kota ini akan selesai pada tahun 2027 mendatang," ujar William dalam acara penandatanganan paket kontrak CP203 MRT Fase 2A, di Jakarta, Selasa (20/04/2021).

Adapun progres pembangunan Segmen 1 MRT Jakarta Fase 2A per akhir Maret 2021 baru  mencapai 12,58 persen.

Baca juga: MRT Fase 2A Dimulai, Siap-Siap Macet di Jalan Mangga Besar hingga Stasiun Kota

Sejumlah pekerjaan telah dilakukan, meliputi pengalihan arus lalu lintas sepanjang Jalan Thamrin, pembuatan retaining wall untuk area mesin bor terowongan atau tunnel boring machine (TBM) di Bundaran HI,

Lalu pembuatan soil pit di area pembangunan Stasiun Thamrin, D-Wall stasiun Monas, dan juga penyelesaian pembangunan Pos Polisi Medan Merdeka serta penyelesaian pusat informasi (visitor area) di area Monas.

Saat ini, di area pembangunan Stasiun Thamrin juga tengah dilakukan manajemen rekayasa lalu lintas.

Baca juga: Situs Cagar Budaya di Sepanjang Jalur MRT Fase 2A Dipasangi Sensor Khusus

Termasuk kegiatan power blender, yaitu memperkuat struktur tanah di sisi selatan Stasiun Thamrin.

Sementara di area Bundaran HI sedang dilaksanakan kegiatan jet grout atau memperkuat struktur tanah di kedalaman yang diinginkan sebagai bagian dari persiapan launching shaft TBM.

MRT Jakarta juga melaporkan, per 25 Maret 2021 sebanyak 17 panel D-Wall atau dinding penahan tanah untuk Stasiun MRT Monas tuntas dibangun.

Rencananya akan ada 102 panel D-Wall untuk Stasiun Monas.

Baca juga: Stasiun MRT Kota Bakal Terintegrasi dengan Underpass Stasiun KA Kota

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X