Situs Cagar Budaya di Sepanjang Jalur MRT Fase 2A Dipasangi Sensor Khusus

Kompas.com - 20/04/2021, 16:03 WIB
Ilustrasi spot foto di kawasan Kota Tua Jakarta. Dok. ShutterstockIlustrasi spot foto di kawasan Kota Tua Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar memastikan, situs cagar budaya yang ada di sekitar lokasi pembangunan MRT Fase 2A akan mendapat perlindungan.

Menurutnya, terdapat sejumlah cagar budaya di sepanjang jalur MRT Jakarta Fase 2A (Bundaran HI-Kota Tua) yakni Gedung Sarinah, Museum Bank Indonesia, Gedung Chandranaya, Pantjoran Tea House, Museum Bank Mandiri, Tugu Jam Thamrin, dan Stasiun Jakarta Kota (BEOS).

"Kami akan memberikan perhatian terhadap perlindungan situs cagar budaya sekaligus mendukung revitalisasi kawasan-kawasan yang mempunyai nilai historis dan budaya yang tinggi di sepanjang jalur dalam konteks regenerasi kota (urban regeneration)," jelas William, Selasa (20/04/2021).

Baca juga: Paket Kontrak MRT Fase 2A Bundaran HI-Kota Resmi Ditandatangani

Dia menjelaskan, selama masa konstruksi MRT Fase 2A ini, PT MRT Jakarta akan memasang sensor khusus pada bangunan-bangunan cagar budaya yang ada di sekitar lokasi paket kontrak CP203.

Pemasangan sensor ini bertujuan untuk memantau kondisi bangunan cagar budaya selama masa konstruksi dan mencegah kerusakan akibat aktivitas konstruksi berlangsung.

Konsep desain yang diterapkan pada paket kontrak CP203 MRT Fase 2A adalah sunken entrance yakni pintu masuk stasiun yang tingginya lebih rendah dari biasanya.

Hal ini untuk menjaga visual bangunan cagar budaya agar tetap bisa terlihat masyarakat umum dan juga pengguna MRT.

William menambahkan pembangunan konstruksi MRT Fase 2A seiring dengan pengembangan Kawasan Berorientasi Transit (TOD) di kawasan Thamrin, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok dan Kota.

Baca juga: Stasiun MRT Kota Bakal Terintegrasi dengan Underpass Stasiun KA Kota

"Konsep ini mengubah paradigma pengembangan kota dari car oriented development menjadi transit oriented development (TOD)," tambah dia.

Untuk itu, akan ada integrasi infrastruktur transportasi MRT dengan pembangunan kawasan-kawasan TOD mulai dari Thamrin, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, sampai ke Kota.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X